Terungkap, Instagram Sembunyikan Fitur Mirip iPhone X

Oleh Andina Librianty pada 09 Mar 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Instagram terus membekali layanannya dengan berbagai fitur baru. Kali ini, media sosial berbagi foto dan video itu dilaporkan sedang menyiapkan modus pengambilan gambar Portrait.

Dilansir GSM Arena, Jumat (9/3/2018), melalui modus Portrait tersebut, pengguna bisa memotret menggunakan Instagram seperti fotografer profesional. Artinya, pengguna bisa mengambil foto dengan background (latar belakang) yang blur secara langsung dari aplikasi Instagram.

Modus Portrait sendiri belakangan tengah populer dan semakin banyak hadir pada smartphone. iPhone terbaru dan sejumlah perangkat Android seperti Galaxy Note 8 dan Google Pixel 2, termasuk smartphone yang memiliki fitur tersebut.

Adapun di Instagram, modus Portrait akan bergabung dengan fitur Stories yang lain, seperti Boomerang, Live dan Rewind. Sayangnya, sejauh ini belum ada konfirmasi dari Instagram tentang kehadiran modus Portrait tersebut.

Modus Portrait kian memperpanjang laporan tentang fitur baru yang akan dimiliki Instagram. Sebelumnya, layanan milik Facebook itu dilaporkan tengah menyiapkan fitur video call.

 

1 of 3

Instagram Siapkan Fitur Video Call

Ilustrasi Instagram (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File)

Menurut laporan yang beredar sebelumnya, telah beredar file terkait fitur panggilan telepon dan video call di Instagram. File untuk kedua fitur tersebut diberi label "call" dan "video call" dengan ikon telepon dan kamera di dalam Android Package Kit (APK).

APK tersebut berisi kode aplikasi dan menampilkan file baru untuk fitur-fitur yang belum dirilis. Kehadiran dua fitur baru ini dinilai akan membuat layanan Instagram semakin kuat, dan menjadi ancaman besar bagi Snapchat.

Snapchat saat ini merupakan kompetitor utama Instagram. Instagram sendiri berulang kali dilaporkan meniru sejumlah fitur Snapchat. Namun, beberapa waktu lalu Snapchat mengikuti langkah Instagram karena bekerjasama dengan Giphy untuk menghadirkan GIF di layanannya.

 

2 of 3

Ikuti Jejak Instagram, Snapchat Gandeng Giphy Hadirkan Stiker GIF

Snapchat
Ilustrasi Snapchat (iStockPhoto)

Persaingan antara Instagram dan Snapchat semakin ketat. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak kesamaan fitur yang dimiliki keduanya.

Setelah Instagram sekian lama dinilai meniru fitur-fitur Snapchat, kini keadaan berbalik. Para pengguna Snapchat kini bisa menambahkan stiker GIF untuk menghiasi Snap yang dikirimkan kepada teman atau mengunggahnya ke Stories publik.

Snapchat bekerjasama dengan Giphy untuk bisa menghadirkan fitur baru tersebut. Sebelum Snapchat, Instagram lebih dahulu menggandeng Giphy untuk fitur serupa.

Stiker GIF ini hadir tak lama hadir setelah antar muka Snapchat dikritik membuat penggunanya bingung. Selain peluncuran fitur baru, Snapchat juga berjanji akan mengatasi desain baru layanannya dan memberikan Tabs untuk fitur "Friends and Discover" pada aplikasi.

Menurut laporan, kritik terhadap desain baru Snapchat itu "melahirkan" petisi di Change.org yang telah ditandatangani oleh 1,2 juta pengguna.

Mereka meminta antar muka yang lama dikembalikan. Adik Kim Kardashian, Kyle Jenner, bahkan mengekspresikan ketidaksukaannya terhadap desain baru tersebut.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓