Klasik Banget, 5 Fitur Ini Ternyata Cuma Ada di Ponsel Jadul

Oleh Liputan6.com pada 07 Mar 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 07 Mar 2018, 18:30 WIB
Ponsel jadul Nokia
Perbesar
Nokia N-Gage, memadukan fungsi ponsel dan konsol gim (Sumber: Telegraph)

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa ditampik, selama 20 tahun terakhir, fungsi dari ponsel terus bertambah banyak. Tak cuma itu, keberagaman fitur yang ditawarkan pun semakin canggih. Ponsel seolah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Bahkan, jika ponsel tertinggal orang tersebut bakal kalang kabut.

Tetapi, sebenarnya ada perbedaan yang mencolok antara ponsel jadul dan ponsel masa kini. Kamu sadar nggak? Nah, ada lima fitur klasik yang ada di ponsel jadul dan tidak lagi ditemukan di ponsel masa kini, seperti Tekno Liputan6.com kutip dari dari laman Phone Arena, Rabu (7/3/2018).

1. Baterai Bisa Digonta-ganti

Banyak yang merasa kesal jika harus mengganti baterai ponsel. Pada masa itu, bila baterai ponsel jadul rusak, cukup ganti dengan baterai yang baru. Selain itu, bila ponsel error, lebih mudah me-restart dengan mencopot baterai.

2 dari 3 halaman

2. Keyboard QWERTY

3 Penulis Ini Ketik Novel Pakai Keyboard QWERTY BlackBerry
Perbesar
Popularitas smartphobe BlackBerry memang kian meredup, namun keyboard fisik QWERTY BlackBerry belum ada yang mampu menggantikan.

Masih ada ponsel keluaran terkini yang memakai keyboard QWERTY, seperti BlackBery KEYone. Keuntungannya, tidak banyak typo dan fitur koreksi otomatis jarang dibutuhkan.

3. FM Transmitter

Nyalakan tombol dan kamu bisa menikmati musik tanpa terganggu iklan. Ponsel keluaran sekarang banyak yang tidak punya FM transmitter atau cukup nyalakan stasiun radio reguler.

3 dari 3 halaman

4. Gim Built-in

Ponsel jadul Nokia
Perbesar
Nokia 7600 yang berbentuk mirip daun (Sumber: Telegraph)

Data saat itu masih sangat mahal sehingga produsen membuat gim built-in di ponsel. Gim built-in pun gratis dan tidak ada pembelian dalam aplikasi.

5. Antena TV

Ponsel yang memiliki antena televisi berguna saat harus menunggu atau saat dalam perjalanan. TV gratis pun bisa dinikmati langsung dari ponsel.

Reporter: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Lanjutkan Membaca ↓