Review Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34 Inci: Monitor 144Hz Terbaik di Kelasnya

Oleh Yuslianson pada 23 Apr 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 08:53 WIB
Mi Curved Gaming Monitor
Perbesar
Review Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi menambah lini produk baru mereka yang menyasar pengguna gaming, dengan memperkenalkan monitor gaming layar lengkung pertama mereka di Indonesia.

Bernama Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor, perusahaan menjual perangkat barunya ini seharga Rp 6,9 jutaan dan diklaim sebagai monitor gaming layar lengkung paling terjangkau di pasaran.

Nah, seperti apa sih pengalaman pakai Mi Curved Gaming Monitor ini?

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba langsung kemampuan monitor gaming layar lengkung berukuran 34 inci milik Xiaomi ini.

 

 

2 dari 5 halaman

Desain

Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dalam hal tampilan, monitor gaming berlayar lengkung milik Xiaomi ini mengusung desain yang cukup minimalis. Bezel di tiga dari 4 sisi--kanan, kiri, dan atas--monitor berukuran kecil, meski bezel bagian bawahnya sedikit lebih tebal.

Dibandingkan dengan monitor gaming pada umumnya yang kebanyakan memiliki desain futuristik, kami merasa Mi Curved Gaming Monitor memiliki penampilan lebih terlihat sederhana.

Kamu dapat memiringkan, memutar--ke kanan dan kiri beberapa derajat, menaikkan, dan menurunkan Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor ini sangat mudah--dengan hanya pakai sedikit tenaga.

Kabel di Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor tersimpan rapih di stand dan tertutup. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Xiaomi pun cukup lihai "menyembunyikan" kabel power, HDMI, DisplayPort, audio jack dkk dibalik penutup magnetik baik di bodi stand dan di belakang monitor.

Tak hanya itu, dengan penutup magnetik ini kamu tidak perlu repot berurusan dengan baut atau mur setiap kali ingin mencabut atau memasang kabel dari PC/laptop ke layar monitor.Bisa dibilang, kami dapat memasang layar monitor gaming milik Xiaomi ini tanpa halangan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga terpasang rapih.

Menariknya, Xiaomi memberikan opsi bilamana pengguna ingin menempel atau memasang layar monitor ini di tembok.

Untuk pengoperasian dan memilih pengaturan di Mi Curved Gaming Monitor ini, kamu dapat menemukan semua tombol pengoperasian monitor di bagian sisi kanan bawah belakang monitor. 

Tombol on/off dan fungsi di Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Walau hanya menyediakan lima (5) tombol, kami merasa akan ada beberapa pengguna yang mengalami kesulitan saat bernavigasi di UI monitor ini.

Toh, Xiaomi tidak memberikan pembeda--selain tombol power--di keempat tombol lainnya. Kami pun mendapati sering salah memencet tombol navigasi karena hal tersebut. 

3 dari 5 halaman

Layar

Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor memiliki radius lengkung 1500R. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Mi Curved Gaming Monitor hadir dengan panel berukuran 34 Inch yang beresolusi 3440x1440 piksel, standar aspek rasio 21:9, dan memiliki radius kelengkungan layar hingga 1500R.

Xiaomi menyebutkan, layar monitor gaming miliknya ini memiliki nilai warna 121 persen sRGB dan 85 persen NTSC, dan diklaim mampu menghadirkan warna yang lebih natural.

Saat pengujian, kami mendapati layar monitor gaming milik Xiaomi ini memang mampu menghadirkan warna yang natural.

Warna yang dihasilkan saat bermain gim di Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor tampak detail. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berbagai judul gim PC atau konsol, seperti Ori and the Will of the Wisp, Hades, Little Nightmare, Rise of the Tomb Raider hingga Max Payne 3 pun menghasilkan warna yang detail dan sesuai dengan klaim perusahaan.

Xiaomi juga menyertakan fitur andalan di Mi Curved Gaming Monitor ini, yakni teknologi refresh rate-nya yang mencapai 144Hz dan AMD FreeSync.

Main gim Rise of the Tomb Raider, Ori and the Will of the Wisp, dan Hades di Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor sangat memuaskan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berkat teknologi ini, kamu dapat memainkan gim dengan frame rate yang tinggi tanpa harus khawatir gambar yang ditampilkan terpotong-potong.

Sayangnya, Mi Curved Gaming Monitor ini tidak mendukung teknologi HDR--yang biasa dicari oleh gamer garis keras.

Tambahan, Xiaomi juga menyertakan sebuah fitur layar berbagi atau split screen. Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi layar menjadi dua monitor per satu PC sehingga dapat dipakai untuk bekerja dalam waktu bersamaan.

Menariknya, fitur ini juga sudah mendukung dua koneksi sumber berbeda untuk berfungsi sebagai dua monitor juga. Adapun mode tampilan layar berbaginya, termasuk split screen kanan-kiri, dan picture in picture. 

 

4 dari 5 halaman

Konektivitas

Port sambungan kabel Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor yang penutupnya menggunakan magnet. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Soal koneksi ke monitor, Xiaomi sudah menyediakan dua DisplayPort 1.4 dan dua port HDMI 2.0, serta audio jack 3,5mm.

Pada dasarnya, Mi Curved Gaming Monitor ini menyertakan port-port apa saja yang dibutuhkan oleh penggunanya dan hadir di produk kelas atas yang lainnya.

Akan tetapi, sepertinya Xiaomi lupa menyertakan satu port penting ke layar monitor barunya ini. Apa itu? Port yang absen di layar monitor gaming milik Xiaomi ini adalah port USB atau USB C.

Walau banyak dari kamu mempertanyakan apa pentingnya port USB atau USB C di layar monitor gaming, tentunya keberadaan USB port ini akan sangat membantu pengguna dengan perangkat audio yang membutuhkan koneksi.

Ambil contoh Logitech G560 Lightsync yang kami pakai sepanjang review ini. Walau bisa dihubungkan langsung ke PC atau laptop, tentunya kehadiran port USB tambahan ini akan sangat membantu gamer saat men-setup gaming gear mereka.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk penggunaan sehari-hari atau bermain gim, Mi Curved Gaming Monitor 34 tampil impresif. Apalagi dengan dukungan refresh rate hingga 144Hz, dan warna yang detail menjadikan bermain gim, editing foto, dan video di layar monitor mulus dan imersif.

Tentunya ini bukan monitor editing profesional, tapi sebagai monitor gaming, Mi Curved Gaming Monitor 34 ini sudah menjalankan fungsinya sebagai monitor gaming yang baik.

Mi Curved Gaming Monitor 34 inch dapat menjadi pilihan menarik bagi gamer yang sedang mencari layar besar dengan refresh rate 144Hz, dan harga sangat terjangkau.

Karena hal tersebut, bukan hal yang tak mungkin Mi Curved Gaming Monitor ini akan menjadi monitor pilihan banyak gamer yang memiliki budget terbatas tetapi ingin monitor dengan kemampuan mumpuni.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓