Instagram Siapkan Fitur Video Call

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Mar 2018, 14:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2018, 14:00 WIB
[Bintang] Selena Gomez
Perbesar
Selena Gomez ssendiri saat ini tengah berada di Londong. Diketahui mereka menghabiskan waktu untuk video call demi melepas rindu. (instagram/selenagomez)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram belum lama ini diisukan bakal menghadirkan fitur voice dan video call di platform-nya. Kini, kabar tersebut seolah terkonfirmasi dengan kode Instagram yang mengungkapkan adanya fitur voice dan video call.

Dalam laporan Tech Crunch, file untuk kedua fitur tersebut diberi label "call" dan "video call" dengan ikon telepon dan kamera dalam pake aplikasi Android (APK).

APK tersebut berisi kode aplikasi dan menampilkan file baru untuk fitur-fitur yang sebelumnya belum diluncurkan.

Dikutip dari The Verge, Selasa (6/3/2018), jika fitur tersebut benar-benar dirilis pada Instagram, aplikasi berbagi foto dan video singkat itu bakal menjadi ancaman besar bagi Snapchat.

Snapchat juga memiliki fitur video call, namun kini layanan itu sudah agak terkubur sebab pengguna harus mengetuk profil teman dan memilih tombol panggil di layar obrolan.

Sementara, aplikasi chatting Facebook Messenger memiliki tombol panggilan khusus di layar peluncuran aplikasi.

Sebelumnya saat Snapchat mendesain ulang tampilannya, banyak dikomplain oleh pengguna. Jika kini Instagram menghadirkan fitur panggilan, kemungkinan pengguna bakal makin lengket dengan aplikasi Facebook tersebut.

2 dari 3 halaman

Filter pada Video Call

Instagram video call
Perbesar
Instagram bakal hadirkan fitur video call (Sumber: The Verge)

Instagram beberapa waktu lalu memang dikenal sering menjiplak fitur-fitur yang mirip dengan Snapchat. Alhasil, Instagram Stories kini mendapatkan jumlah pengguna yang lebih banyak dibandingkan dengan Snapchat.

Sebelumnya, fitur panggilan Snapchat memungkinkan pengguna untuk menggunakan AR Lenses yang bisa menambahkan wajah pengguna dengan animasi telinga anjing atau mahkota dari bunga.

Instagram juga memiliki berbagai lensa untuk mendukung selfie. Bisa dibilang, kemungkinan fitur video call Instagram juga menghadirkan filter yang bisa diaplikasikan ke wajah.

Sayangnya belum diketahui kapan kedua fitur baru Instagram ini bakal dirilis untuk publik maupun diuji cobakan.

3 dari 3 halaman

Simpang Siur

Ilustrasi Instagram
Perbesar
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Informasi ini sebelumnya memang masih simpang siur, namun fitur tersebut diketahui pertama kalinya lewat blog WhatsApp, WABetaInfo.

Berdasarkan keterangan di laman WABetaInfo, Instagram tampak menghadirkan tombol video call yang ada di bagian kanan atas chat screen.

Lebih lanjut disebutkan, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang sudah menerima Direct Message dari pengguna lain. Artinya, kalau pesan tak diterima, keduanya tidak bisa melakukan video call.

Mengutip laman Tech Crunch, fitur video call memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain dalam panggilan video melalui Direct Message Instagram.

Jika benar ada, kehadiran fitur itu memungkinkan orang untuk lebih lama berada di dalam aplikasi Instagram, sekaligus berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓