Menjajal Fitur AR Emoji di Samsung Galaxy S9

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Mar 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2018, 17:00 WIB
Galaxy S9
Perbesar
Mengubah foto selfie menjadi emoji pribadi dengan kemampuan AR Emoji pada Samsung Galaxy S9 (LIputan6.com/ Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Barcelona - Samsung menghadirkan berbagai kemampuan pada kamera Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Selain kemampuan dual aperture di kamera utama yang kehadirannya dipuji banyak orang, ada juga kemampuan mengubah wajah menjadi emoji yakni AR Emoji di kamera depan.

AR Emoji mengubah wajah seseorang ke bentuk emoji yang bisa mengikuti ekspresi dan menjadi stiker dalam format GIF yang bisa dibagikan ke pesan instan ke semua tipe smartphone.

Saat perilisannya di Barcelona, Spanyol beberapa waktu lalu, Tekno Liputan6.com sempat menjajal fitur AR Emoji pada Galaxy S9 ini. Langkah untuk membuatnya pun cukup mudah.

Pertama, kamu hanya harus membuka kamera depan, kemudian memilih mode AR Emoji dengan menggeser keterangan tulisan ke "AR Emoji".

Selanjutnya, kamu bisa menghadapkan kamera depan Galaxy S9 kamu ke wajah. Ambil posisi wajah tegak agar seluruh wajah bisa terpotret. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa membuka kacamata dan merapikan rambut yang menghalangi seluruh wajah.

Setelah foto dijepret, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih jenis kelamin antara "Male" atau "Female". Pilihlah sesuai jenis kelamin kamu, kemudian tekan opsi "Next" dan Galaxy S9 pun bakal memproses AR Emoji kamu.

 

Kustomisasi Emoji

Samsung
Perbesar
Dian Sastrowardoyo saat menjajal fitur AR Emoji pada Galaxy S9 Plus Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Begitu selesai memproses, smartphone akan menampilkan kamu dalam bentuk emoji dengan pakaian standar. Kalau kamu merasa gaya emoji kamu tidak sesuai dengan yang diinginkan, kamu bisa mengkustomisasinya.

Misalnya kamu ingin warna kulitnya lebih terang, rambut hitam panjang, bentuk kacamata cat eye, dan baju kasual, semuanya bisa kamu sesuaikan.

Setelah sesuai dengan keinginan, kamu tinggal memilih "OK" di sudut kanan atas layar dan smartphone pun akan memproses emoji tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih opsi apakah ingin menyimpan stiker Emoji dalam galeri atau tidak.

Jika kamu memilih untuk menyimpan emoji ke galeri, selanjutnya kamu bisa men-checklist yes dan OK untuk menyimpannya. Secara otomatis, akan ada 20 stiker emoji dalam format GIF yang tersimpan ke galeri.

 

Tirukan Ekspresi Wajah dan Pakai Emoji di Pesan Instan

Samsung Galaxy S9 Plus
Perbesar
Galaxy S9 Plus yang kini sudah tersedia di toko resmi Samsung di Indonesia (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Kalau kamu belum puas dengan stiker GIF, stiker emoji kamu juga bisa menirukan berbagai mimik wajah. Caranya, kamu hanya perlu buka kamera selfie, kamudian pilih ke opsi AR Emoji. Selanjutnya pilih emoji kamu dan layar pun secara otomatis akan menampilkan emoji yang kamu buat.

Lalu kamu bisa mempraktikkan ekspresi wajah yang ingin kamu jepret atau rekam. Satu hal yang perlu diingat, AR Emoji Galaxy S9 tidak bisa menirukan gerakan tangan kamu, jadi hanya ekspresi wajah yang bisa ditirukannya. Kamu bisa menjajal ekspresi senyum, melotot, cemberut, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu hendak memasukkan stiker emoji berformat GIF ke obrolan pesan instan dengan orang lain, kamu bisa masuk ke pesan instan tersebut. Kemudian pada keyboard, pilih opsi stiker dan kamu bisa melihat berbagai stiker yang dihasilkan oleh AR Emoji lalu mengirimkannya ke orang lain.

Stiker GIF hasil AR Emoji saat dibagikan ke pengguna lain melalui pesan (Liptan6.com/ Agustin Setyo W)

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓