5 Fitur Andalan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Oleh Agustinus Mario DamarAgustin Setyo Wardani pada 27 Feb 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Feb 2018, 12:00 WIB
DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W
Perbesar
DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja resmi memperkenalkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus ke publik. Ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 menjadi debut kedua flagship smartphone tersebut.

Hadir sebagai smartphone premium, Samsung jelas menawarkan beragam pembaruan fitur. Fitur-fitur canggih ini tak hanya hadir di sisi kamera tapi juga merambah ke departemen audio.

Lantas, apa saja fitur anyar yang dibenamkan Samsung di kedua perangkat tersebut? Berikut ini adalah daftar fitur baru di Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang Tekno Liputan6.com coba saat peluncuran di Barcelona, Spanyol.

1. Kamera Dual Aperture

Kehadiran dual aperture di Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, menurut Director of Product Marketing Samsung Jonathan Wong, merupakan fitur kamera paling inovatif saat ini.

Dengan kemampuan dual aperture, kamera smartphone ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya saat memotret. Wong mengibaratkan cara kerja dual aperture ini seperti cara kerja mata manusia melihat.

Dual aperture Galaxy S9 adalah F1.5. Dengan pengaturan tersebut, kamera perangkat ini memiliki bukaan besar untuk mengakomodasi foto dalam kondisi minim cahaya.

Kehadiran aperture besar (F1.5) pada Galaxy S9 ini merupakan yang pertama kalinya hadir pada smartphone. Tujuannya adalah menghadirkan fotografi low light yang lebih baik.

Sementara untuk Galaxy S9 yang memiliki dua lensa, Samsung menghadirkan aperture kedua, yakni F2.4. Karena itu, smartphone ini tetap bisa memotret dengan baik dalam kondisi cahaya normal.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Video Slow Motion

Galaxy S9
Perbesar
Mengubah foto selfie menjadi emoji pribadi dengan kemampuan AR Emoji pada Samsung Galaxy S9 (LIputan6.com/ Agustin Setyo W)

Keunggulan lain dari kamera Samsung Galaxy S9 adalah fitur perekaman super slow-motion yang menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Dengan fitur perekaman super slow-motion ini, Galaxy S9 bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna untuk merekam momen yang cepat, sehingga dapat dinikmati dan ditampilkan dengan efek lambat yang dramatis.

Efek super slow-motion ini memungkinkan perekaman sebuah momen yang begitu cepat hingga 0,2 detik dapat menjadi enam detik. Perekaman ini juga dapat dilakukan multi-capture hingga 12 kali.

3. AR Emoji

Fitur bernama "AR Emoji" dapat dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan Animoji di iPhone X.

Bedanya, jika Animoji di iPhone X mengambil animasi dari emoji yang sudah ada, AR Emoji di Galaxy S9 justru memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Hasilnya, emoji bakal tampil dalam animasi kartun menggemaskan yang mirip dengan wajah pengguna.

Erin Willis, Senior Manager Channel Marketing Samsung, menjelaskan cara kerja AR Emoji terbilang mudah.

Pengguna cukup memakai kamera untuk mengambil foto selfie dan hasilnya dapat langsung tersaji dalam bentuk bentuk GIF atau stiker. Menariknya, emoji-emoji ini bisa langsung dikirim via pesan instan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Speaker AKG Dolby Atmos

Galaxy S9
Perbesar
Samsung Galaxy S9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk fitur audio, Samsung membenamkan speaker stereo dari AKG. Berbekal hardware tersebut, Samsung menjamin keluaran suara dari speaker Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus akan lebih jernih, renyah, dan kaya.

Samsung juga menyebut speaker di kedua perangkat ini 40 persen lebih kencang ketaimbang S8. Tak lupa, ada pula dukungan Dolby Atmos yang memberikan pengalaman audio 360 derajat.

5. Intelligent Scan

Terakhir, ada pula fitur Intelligent Scan. Fitur ini merupakan modus verifikasi baru yang menggabungkan keunggulan dari teknologi pemindaian wajah dan pemindaian retina mata.

Berbekal kedua teknologi tersebut, pengguna akan lebih mudah membuka perangkat di berbagai kondisi. Ada pula Dedicated Fingerprint yang memungkinkan pengguna memakai sidik jari berbeda untuk membuka Secure Folder maupun perangkat.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya