Kemkominfo Tidak Minta Instagram Blokir Akun Ustaz Abdul Somad

Oleh Jeko I. R. pada pada 26 Feb 2018, 10:45 WIB
[Bintang] Ustaz Abdul Somad

Liputan6.com, Jakarta - Pemblokiran akun Instagram resmi milik Ustaz Abdul Somad menjadi topik terhangat pada Minggu (25/2/2018).

Namun demikian, status akun Instagram Ustaz kondang tersebut ternyata tidak sepenuhnya diblokir. Akunnya cuma di-suspend alias ditangguhkan untuk sementara.

Tekno Liputan6.com pun kembali mengunjungi akun Instagram Ustaz Abdul Somad yang sempat diblokir. Hasilnya, per pukul 10.25 WIB, akun Instagram Ustaz dengan 1,7 juta pengikut tersebut telah kembali pulih.

Terkait penangguhan akun Instagram Ustaz Abdul Somad, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sendiri menegaskan tidak campur tangan soal hal tersebut.

Disampaikan Menkominfo Rudiantara, mereka tidak sama sekali menerima laporan dari konten yang diunggah Ustaz Abdul Somad, apalagi melaporkannya ke Instagram.

"Saya dan teman-teman (di Kemkominfo) tidak meminta Instagram untuk memblokir atau take down akun Ustaz Abdul Somad," jelas pria yang akrab disapa Chief RA ini kepada Tekno Liputan6.com, Senin (26/2/2018).

Walau sudah pulih, pihak Kemkominfo--lewat Dirjen Aptika--sedang menanyakan alasan mengapa Instagram menangguhkan akun Instagram Ustaz Album Somad.

Ditambahkan oleh Rudiantara, pengguna Instagram sebetulnya bisa meminta penangguhan akun lain jika memang ada pedoman yang keliru atau salah di dalamnya.

"Kami juga menanyakan hal tersebut pada Facebook atau Instagram. Kan prinsipnya, semua pemegang akun platform bisa mengajukan untuk suspend atau take down berdasarkan kriteria dari platformnya," tandas pria berkacamata ini.

1 of 3

Sempat Diblokir

[Bintang] Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad (Nurwahyunan/bintang.com)

Diketahui, akun Instagram resmi milik Ustaz Abdul Somad, @Ustazabdulsomad, diblokir pada Sabtu (24/2/2018) malam hari. Informasi ini Tekno Liputan6.com ketahui dari unggahan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Minggu (25/2/2018).

Saat kami mencoba mengunjungi akun Instagram Ustaz Abdul Somad, laman di desktop hanya menampilkan tulisan akun yang dimaksud sudah tak lagi tersedia. Dengan demikian, akun Instagram Ustaz Abdul Somad memang benar-benar di-suspend.

2 of 3

Reaksi Warganet

[Bintang] Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad (Nurwahyunan/bintang.com)

Penutupan akun Instagram Ustaz Abdul Somad pun sontak memicu beragam reaksi warganet. Berikut beberapa pendapat warganet yang kami rangkum.

"Terimakasih kang @ridwankamil atas usahanya buat kembaliin akunnya ustadz Abdul somad, krn masih banyak yg menunggu dakwahnya beliau, semoga yg ngereport diberi hidayah, tks ya kang sukses buat akang," tulis @yatisuryati.rne.

"Mungkin banyak yg report :"(," sambut @hafidzmawla99.

"@instagram please reopen @ustadzabdulsomad Because it's useful account, thanks," ujar @standing.girl.

Sampai detik ini, pihak Instagram belum buka suara terkait penutupan akun Ustaz Abdul Somad.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓