Sukses

Daftar Industri yang Rentan Terserang Penjahat Siber

Karena industri-industri ini cenderung bergantung pada dunia siber, mereka juga paling rentan terhadap serangan penjahat siber.

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini, bukan hanya industri perbankan yang memakai teknologi digital untuk menunjang bisnis mereka, industri-industri lain pun juga turut memakai teknologi untuk memudahkan usaha.

Serangan siber pun semakin gencar, dan serangannya tidak eksklusif menyerang satu industri saja.

Serangan-serangan siber tidak selalu dilakukan oleh sebuah negara, tapi dilakukan oknum-oknum non-negara yang menyalahgunakan teknologi demi keuntungan finansial pribadi.

Umumnya, ada tiga jenis serangan siber yang menyasar pelaku industri. Pertama, serangan memakai bot yang bertujuan mencuri kredensial agar mendapatkan akses ke dalam sistem pribadi seseorang.

Yang kedua adalah serangan DDoS yang dapat menembus dan melumpuhkan sistem sebuah situs, dan yang terakhir adalah serangan aplikasi web (web application) yang kerap mencari situs-situs internet yang pengamanannya lemah untuk mencuri data atau mengotak-atik sistem.

Berikut daftar-daftar industri yang kerap disasar tiga serangan siber tersebut, seperti yang dilansir dari rilis Akamai, penyedia layanan jaringan dan sistem cloud, yang diterima Tekno Liputan6.com pada Senin (26/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Korban Serangan Bot

Korban tertinggi dari serangan bot adalah industri hospitality (perhotelan dan pariwisata).

Penelitian dari Akamai menemukan 82 persen dari percobaan masuk ke sistem industri perhotelan berasal dari botnet berbahaya.

Tujuan percobaan masuk botnet adalah untuk mencuri kredensial, atau mencuri akses ke dalam sistem untuk disalahgunakan.

3 dari 4 halaman

2. Korban Serangan DDoS

Pastinya banyak yang mengira industri keuangan adalah yang paling sering diserang DDoS.

Kenyataannya, justru industri permainan yang belakangan ini sering dipusingkan oleh DDoS. Setelah industri permainan, barulah industri keuangan yang sering dijadikan sasaran serangan DDoS.

4 dari 4 halaman

3. Korban Serangan Aplikasi Web

Korban-korban serangan aplikasi web mayoritas menimpa industri retail, diikuti oleh industri media dan hiburan, serta industri teknologi tinggi.

Industri pelayanan keuangan, perhotelan, dan wisata, bahkan sektor publik juga rentan pada serangan aplikasi web.

Tentu perlu bagi pemerintah untuk memperkuat keamanan situs-situs pemerintah demi melindungi data publik.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.