Sony Umumkan Trio Xperia dengan Snapdragon 660 di MWC 2018?

Oleh Andina Librianty pada 21 Feb 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 23 Feb 2018, 11:13 WIB
Sony Xperia XZ Pro

Liputan6.com, Jakarta - Sony diyakini akan menjadi salah satu perusahaan yang mengumumkan smartphone terbarunya di Mobile World Congress (MWC) pada pekan depan. Menurut laporan, setidaknya akan ada tiga smartphone baru Sony dengan chipset Snapdragon 660.

Dilansir Phone Arena, Rabu (21/2/2018), tiga handset Xperia itu akan menjadi ponsel kelas menengah dari Sony. Masing-masing memiliki nomor model Sony H3123, H4113 dan 4213.

Sony H3123 dan 4113 akan memiliki cukup banyak kesamaan, seperti dari kapasitas RAM dan chipset yang digunakan. Keduanya dilengkapi chipset Snapdragon 660 dan RAM 3GB. Selain itu, keduanya juga menjalankan OS Android 8.0 Oreo.

Handset ketiga, H4213 memiliki chipset yang sama, tapi dengan RAM lebih besar yaitu 4GB. Smartphone ini juga menjalankan OS Android 8.0 Oreo.

Masing-masing dari ketiga ponsel Xperia tersebut akan hadir dengan sejumlah varian.

Sony H3123, misalnya, memiliki varian lain dengan nomor kode H3113. Begitu pula dengan H4113, akan hadir dengan varian H4133, serta H4213 dan H4233. Namun, belum diketahui spesifikasi apa yang akan membedakan semua perangkat tersebut.

Sony diprediksi akan mengumumkan ketiga smartphone kelas menengahnya itu di MWC, Barcelona, Spanyol, pada 26 Februari 2018.

 

2 dari 3 halaman

Pantang Menyerah, Sony Ogah Lepas Bisnis Smartphone

Tampilan Sony Xperia XA2 Ultra (sumber: gsm arena)

Sony dibandingkan dengan sejumlah kompetitornya memang tak begitu agresif di pasar smartphone selama setahun belakangan. Kendati demikian, bukan berarti perusahaan asal Jepang itu memilih untuk menyerah dan melepas bisnis Sony Mobile.

Hal tersebut disampaikan oleh Kazuo Hirai pada Januari 2018, saat masih menjabat sebagai CEO Sony. Hirai menegaskan tidak akan melepas bisnis smartphone karena menilai produk tersebut merupakan bagian dari teknologi masa depan. Ia pun memastikan Sony tetap ada di dalam bisnis komunikasi.

“Ini bukan tentang smartphone untuk sekarang, tapi lebih tentang melihat lebih jauh dari sekedar smartphone yaitu pada apa yang akan kami lakukan dan menjadi pemain di wilayah ini, yang idealnya menjadi pemimpin." kata Hirai kala itu.

Ia menambahkan, "Untuk alasan strategis, saya ingin memastikan kami tetap ada, bukan sekadar di bisnis smartphone, tapi di bisnis komunikasi."

 

3 dari 3 halaman

Hirai Lepas Jabatan CEO Sony

Sony Xperia Z2. (Doc: Sony Mobile)

Hirai secara resmi telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden dan CEO Sony, posisi yang ia pegang sejak April 2012. Setelahnya, ia akan menjadi Chairman Sony per 1 April 2018.

Kenichiro Yoshida selaku Chief Financial Officer (CFO) Sony akan mengambil alih peran sebagai presiden dan CEO.Sementara itu, Head of Mobille dan Chief Strategy Officer Hiroki Totoki akan menempati posisi CFO.

Hirai dikenal sebagai sosok penting dalam pengembangan PlayStation. Sejak memimpin Sony, Hirai berhasil membuat perusahaan meraup untung lewat penjualan puluhan juta konsol PS4 di pasaran.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓