Google Mendadak Hapus Fitur View Images, Apa Alasannya?

Oleh Jeko I. R. pada 19 Feb 2018, 07:30 WIB
Diperbarui 19 Feb 2018, 07:30 WIB
Google
Perbesar
Top Stories berisi artikel hoaks mengenai penembakan Las Vegas yang sempat ada di laman pencarian Google (Sumber: The Verge)

Liputan6.com, Jakarta - Sering melihat atau menyimpan gambar lewat Google? Mungkin sekarang kamu tak akan lagi bisa melakukannya langsung.

Pasalnya, Google baru saja mengumumkan telah menghapus fiturnya yang bernama 'View Images' ini.

Melalui Twitter-nya, Google mencuit kalau mereka memang telah menghapus fitur tersebut langsung dari laman pencariannya.

"Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi," tulis Google.

"Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi," tambahnya menjelaskan.

Untuk informasi, fitur View Image yang hadir berupa tombol ini memang membantu pengguna yang sedang mencari gambar untuk melihat gambar secara keseluruhan dalam format aslinya, dan bisa disimpan langsung tanpa harus lebih dulu mengunjungi situs yang memuat gambar tersebut.

Menurut informasi yang dilansir The Verge, Senin (19/2/2018), upaya ini merupakan langkah Google untuk melindungi hak cipta fotografer serta tanggapan terhadap kritik dari para fotografer dan perusahaan penyedia foto seperti Getty Images.

2 dari 3 halaman

Melanggar Hak Cipta

Kapan Ulang Tahun Google? Potret Doodle Hari Ini Seakan Menjawab
Perbesar
Pertanyaan 'kapan google ulang tahun?' dijawab oleh doodle yang ada di laman sang mesin pencari.

Google sendiri dikecam banyak pihak karena mereka menampilkan banyak gambar yang diduga telah melanggar hak cipta. Karena hal ini, banyak orang bisa mengambil gambar-gambar tersebut dengan mudah tanpa izin.

Dengan ditiadakannya fitur View Images ini, pengguna mau tak mau harus beranjak ke situs yang memuat gambar yang ingin disimpan.

Namun, pada kenyataannya banyak situs yang tidak mengizinkan pengguna untuk menyimpan gambar karena alasan hak cipta.

3 dari 3 halaman

Penyedia Gambar Beruntung

Google Doodle
Perbesar
Dua tokoh pewayangan, Semar dan Cepot, menghiasai laman depan mesin pencari Google pada hari ini, 3 September 2016 (Foto: Ist)

Meski fitur View Images yang telah dihapus sangat disayangkan pengguna Google, hal ini justru berbanding terbalik dengan para penyedia gambar.

Mereka yang juga memiliki hak cipta gambar tersebut merasa beruntung karena pasti pengguna akan mengeklik dan mengunjungi situs mereka.

Walau fitur ini telah dihapus, pengguna masih memiliki trik untuk tetap menyimpan gambar tanpa harus mengunjungi situs.

Caranya, saat mencari gambar dan menemukan gambar yang ingin disimpan, langsung klik kanan lalu simpan gambar.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓