Sukses

10 Hal Ini Pantang Kamu Unggah di Facebook, Twitter, dkk

Kembali mengingatkan ada beberapa hal yang tak boleh unggah di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial seperti Facebook kini seolah jadi hal wajib untuk dimiliki pengguna internet. Ya, tidak dapat dimungkiri kalau Facebook memang bisa menghubungkan banyak orang di mana pun.

Lewat Facebook, kamu bisa mengetahui kabar keluarga yang lokasinya jauh dari kamu, sampai-sampai ke mana teman lama pergi liburan.

Kendati begitu, ada beberapa hal yang pantang diunggah ke Facebook atau ke media sosial lainnya. Apa saja? Berikut informasinya sebagaimana dikutip dari Cheat Sheet, Senin (19/2/2018).

1. Jangan Unggah Data Pribadi

Jangan sekali-kali mengunggah data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, tahun lahir, nama gadis ibu kandung informasi pribadi apa pun di Facebook. Informasi-informasi pribadi di atas bisa digunakan oleh penjahat untuk mencuri identitas kamu.

Hati-hati berbagi data pribadimu di internet. (via. Telegraph)

2. Janggan Bagikan Password

Password atau kata sandi merupakan hal yang sifatnya pribadi. Oleh sebab itu, jangan pernah mengunggah password atau petunjuk tentang password kamu ke Facebook.

Misalnya saja, jangan unggah informasi tentang binatang peliharaan pertama, kota tempat kamu tumbuh, bahkan nama pacar pertama kamu. Informasi-informasi di atas biasanya menjadi petunjuk jika kamu lupa password email kamu.

Jika kamu mengunggahnya, hacker bisa dengan mudah mendapatkan informasi tersebut dan membobol email pribadi kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Jangan Unggah Detail Lokasi Kamu

Jika kamu tak waspada terhadap pengaturan privasi, mungkin kamu secara tak sengaja mengungkapkan lokasi kamu berada.

Padahal dengan mengunggah lokasi keberadaan kamu, orang lain yang mungkin saja berniat buruk bisa nekat menjahati kamu. Orang jahat bisa tahu lokasi kamu sedang tak di rumah dan memanfaatkan hal tersebut untuk pencurian.

Hal ini patut diperhatikan, terutama oleh kamu yang masih di bawah 18 tahun, jangan unggah lokasi detail kamu ya!

4. Jangan Pamer Berbagai Hal di Facebook

Banyak orang mengunggah barang-barang yang dimilikinya ke Faceboook. Misalnya smartphone baru, kendaraan baru, atau barang mahal lainnya untuk tujuan pamer.

Kendati begitu hal tersebut seharusnya tidak dilakukan karena justru akan membahayakan diri sendiri. Bisa jadi, ada orang jahat yang berniat buruk di antara daftar teman kamu.

Seorang pria Malaysia ditembak perampok gara-gara kerap memamerkan uang saat siaran langsung di Facebook Live (Foto: Berita Harian/ Syaherah Mustafa)

Hal ini baru-baru ini terjadi secara nyata, beberapa waktu lalu di seorang pedagang di Malaysia kerap memamerkan uangnya di Facebook, berakhir dengan menjadi korban penembakan oleh perampok. 

Untuk itu, jangan pernah mengunggah hal-hal di atas ke media sosial ya.

3 dari 5 halaman

5. Curhatan yang Terlalu Pribadi

Siapa yang sering curhat tentang pacar di Facebook? Mulai sekarang, jangan unggah tentang hal-hal tersebut ya karena tak semua hal yang kamu alami harus diunggah ke media sosial.

Tidak semua teman yang ada di Facebook adalah teman dekat kamu. Bisa jadi hal yang kamu unggah itu justru dinilai memalukan oleh orang lain.

6. Jangan Unggah Foto Memalukan

Kamu pasti pernah iseng memotret teman yang sedang melakukan hal memalukan untuk lelucon sesama teman. Sebaiknya foto-foto memalukan teman atau foto memalukan diri sendiri tak perlu diunggah ke Facebook.

Seorang wanita berendam di bak pemandian penuh bir di Beer Spa of Spain yang pertama kali dibuka di Granada, Spanyol, Selasa (13/2). Spa bir dipercaya bisa membuat penikmatnya merasa santai terlebih bagi mereka yang hidup di perkotaan (JORGE GUERRERO/AFP)

Ingat, sesuatu menjadi sangat mudah viral belakangan ini dan hal tersebut tak selalu positif. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik tahan diri untuk mengunggah foto-foto memalukan ya.

4 dari 5 halaman

7. Jangan Unggah Foto Anak-Anak

Tak sedikit orang yang mengunggah foto anak, keponakan, anak teman, atau sepupu yang masih kecil di Facebook atau media sosial. Foto-foto tersebut tak jarang mendapatkan begitu banyak like dan komentar di Facebook.

Namun sebaiknya, kamu tidak mengunggah foto anak ke internet, pasalnya foto-foto tersebut bisa saja digunakan oleh para pedofil untuk mengincar mangsa.

Jika kamu tetap ingin mengunggahnya ke media sosial, pastikan agar hanya orang-orang terdekat yang bisa melihatnya dengan mengatur privasi pada unggahan.

8. Jangan Unggah Keluhan tentang Kerjaan di Kantor

Pekerjaan yang banyak di kantor terkadang membuat orang jadi mengeluh, tapi jangan sekalipun mengunggah keluhan tentang pekerjaan di kantor ke Facebook.

Kiat Bebas Stres di Hari Pertama Kerja Usai Liburan (Elnur/Shutterstock)

Hal tersebut bukanlah hal baik, apalagi akun Facebook kini dimiliki oleh banyak orang. Bisa jadi, atasan atau kolega membaca keluhan-keluhan kamu tentang pekerjaan dan hal tersebut bisa berdampak buruk.

5 dari 5 halaman

9. Jangan Bagikan Berita Hoaks

Berita yang tidak benar alias hoaks memang merajalela di internet, termasuk di media sosial. Belakangan bahkan hoaks bisa membuat orang jadi berpecah belah atau bertengkar.

Tak mau kejadian semacam ini terjadi bukan? Untuk itu pastikan untuk tidak mengunggah atau membagikan hoaks ke Facebook.

10. Jangan Unggah Lelucon yang Menyinggung Orang Lain

Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook. (Doc: Wired)

Banyak hal lucu bisa viral di internet, tapi pastikan untuk tidak mengunggah lelucon yang bisa menyinggung orang lain. Misalnya, jangan mengunggah lelucon yang merendahkan kepercayaan orang lain, suku orang lain, dan sebagainya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.