Punya Medsos dengan 2 Miliar Pengguna, Sesibuk Apa Bos Facebook?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Feb 2018, 07:30 WIB
Diperbarui 06 Feb 2018, 07:30 WIB
Mark Zuckerberg

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kini genap berusia 14 tahun. Raksasa media sosial ini mungkin tidak akan bisa sebesar sekarang tanpa campur tangan dari Founder sekaligus CEO Mark Zuckerberg.

Facebook juga menjadi salah satu tempat kerja impian banyak orang. Bahkan, Mark Zuckerberg menjadi bos yang sangat populer di kalangan karyawannya.

Menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, sesibuk apa sih Mark Zuckerberg?

Satu hal yang membuat banyak orang salut pada Zuckerberg adalah, di sela kesibukannya mengurus perusahaan, dia masih meluangkan waktu untuk keluarganya.

Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut adalah rutinitas sehari-hari Zuckerberg sebagaimana dikutip Business Insider, Selasa (6/2/2018).

1. Bangun Pagi Langsung Cek Facebook

Mark Zuckerberg biasa bangun pukul 08.00 pagi. Dia pun langsung mengecek Facebook, Facebook Messenger, serta WhatsApp dari smartphone-nya.

2 dari 7 halaman

2. Jogging Dua Kali Seminggu

Unggah Foto Jogging di Tiongkok, Mark Zuckerberg Dikritik Netizen
Mengapa Zuck bisa diprotes netizen hanya karena ia mengunggah foto sedang jogging di Negeri Tirai Bambu?

Setelah selesai mengecek media sosial yang dikelolanya, suami Priscilla Chan ini tidak lupa untuk berolah raga tiap bagi. Rupanya, dia jogging tiga kali seminggu.

Saat jogging, terkadang ayah dua putri ini mengajak anjingnya, Beast. Orang nomor satu di Facebook itu menyebut, jalan-jalan bersama Beast membuatnya makin senang karena tingkah lucu hewan peliharannya.

"Seperti melihat pel berlari sendiri," kata Zuck. Sekadar diketahui, Beast adalah anjing jenis Hungarian Sheepdog yang bulunya memang menyerupai kain pel.

Beast, anjing jenis Hungarian Shepard milik Mark Zuckerberg yang bulunya mirip kain pel (Sumber: Facebook/ Mark Zuckerberg)

3 dari 7 halaman

3. Tak Pilih-Pilih Makanan

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg merayakan ulang tahun sang istri, Priscilla Chan, di Barcelona. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg).

Setelah selesai jogging, salah satu orang paling kaya di dunia ini ternyata juga tidak pilih-pilih makanan.

Bahkan biasanya Zuck makan makanan apapun yang diinginkannya, tak begitu peduli apakah itu lezat atau tidak.

4. Pakai Kostum yang Sama Tiap Hari

Zuckerberg terkenal tak pernah ribet soal pakaian. Tiap hari kostumnya selalu sama, yakni celana jeans, sneaker, dan kaos hitam.

Saat ditanya tentang hal ini 2014 silam, Zuckerberg menjawab, "Saya sangat ingin memperjelas bahwa saya harus membuat keputusan sedikit mungkin terkait segala hal, kecuali tentang melayani komunitas Facebook."

Meski berpakaian sederhana, Zuck punya rumah yang sangat besar di Palo Alto, California, AS. Bahkan, di dalam rumah itu, Zuck menggunakan asisten virtual berbasis teknologi kecerdasan yang dirancang khusus hanya untuk keluarganya.

 

4 dari 7 halaman

5. Kerja 60 Jam per Minggu

Zuckerberg memang seorang family man, tetapi dia juga seorang pekerja keras. Dia bahkan bekerja selama 60 jam per minggu di Facebook.

"Saya menghabiskan sebagian besar waktu untuk memikirkan bagaimana membuat dunia terhubung dan menghadirkan layanan yang lebih baik untuk komunitas Facebook," katanya.

Suasana meja kerja CEO Facebook Mark Zuckerberg (Sumber: Facebook)

Kendati demikian, Zuck mengatakan, tak semua waktu kerjanya dihabiskan di kantor. Melainkan bisa lewat meeting atau bertemu dengan banyak orang.

Zuckerberg mengungkap, dirinya mendapat bantuan dari 12 orang untuk mengelola Facebook. 12 karyawan inilah yang membantunya menghapus berbagai komentar negatif dan membantu mengunggah posting-an di Facebooknya.

 

5 dari 7 halaman

6. Senang Belajar Hal Baru

Meniru Kebiasaan Sehari-hari Orang Kaya
Mulai dari Mark Zuckerberg yang hobi membaca dan Richard Branson yang selalu bangun pagi.

Saat sedang tidak menggunakan otaknya untuk bekerja, Zuckerberg kerap mengisi waktu dengan mempelajari hal baru. Salah satunya adalah belajar Bahasa Mandarin.

Dia juga berupaya membaca buku sebanyak mungkin. Pada tahun 2015, ia menantang dirinya selesai membaca satu buku dalam waktu 2 minggu di tengah kesibukannya.

6 dari 7 halaman

7. Senang Bertemu Banyak Orang

20160218-Kunjungi Facebook, Jokowi Coreti Dinding Kantor Mark Zuckerberg-
Mark Zuckerberg membaca pesan yang ditulis Presiden Jokowi di dinding saat berkunjung ke kantor Facebook di Silicon Valley, San Fransisco, Rabu (17/2). Dalam kunjungan itu Jokowi disambut langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (Setpres/Biro Pers)

Pria yang karib disapa Zuck ini kerap mengunggah foto setelah bertemu dengan banyak orang.

Ya, pria 33 tahun ini memang senang bertemu dengan banyak orang. Misalnya saja Paus Francis, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, Vin Diesel, Presiden Joko Widodo, dan lain-lain.

7 dari 7 halaman

8. Family Man

Mark Zuckerberg
Potret Mark Zuckerberg bersama sang istri, Priscilla Chan dan putri pertama Max, serta putri kedua yang baru lahir: August. Foto; Facebook

Mark Zuckerberg adalah orang yang selalu mengunggah banyak momen manis bersama keluarganya.

Ya, dia adalah seorang bos yang selalu melewatkan waktunya bersama keluarga, yakni istri dan kedua putrinya, Max dan August Zuckerberg.

Bahkan, setiap malam sebelum tidur, Zuckerberg membacakan doa tradisional Yahudi "Mi Shebeirach".

Potret manis kebersamaan Mark Zuckerberg dan putri keduanya, August Zuckerberg (Sumber: Facebook Mark Zuckerberg)

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓