Sukses

Soal Suplai OLED, Samsung Tak Mau Bergantung pada Apple

Samsung sedang mencoba mengurangi ketergantungan dari "konsumen tertentu", yang diyakini merujuk pada Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan laporan penjualan iPhone X yang di bawah ekspektasi, pihak Samsung mengeluarkan pernyataan akan mengurangi ketergantungan pada "satu konsumen tertentu".

Konsumen tertentu ini diyakini merujuk pada Apple, meski pihak Samsung tidak memberikan detail nama perusahaan yang dimaksud.

Samsung diketahui merupakan penyuplai tunggal layar OLED untuk iPhone X. Sejumlah analis memperkirakan perusahaan akan terkena dampak dari lemahnya penjualan smartphone tersebut.

Namun, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini tidak mempermasalahkan hal tersebut, lantaran sudah mengatasi ekspektasi penjualan iPhone X yang rendah.

"Sulit untuk memberikan detailnya, tapi kami mencoba untuk mendiversifikasi klien-klien kami dan mengurangi ketergantungan pada satu konsumen tertentu untuk membuat portofolio yang sehat. Bisnis layar Samsung tidak akan terpengaruh banyak oleh konsumen tertentu itu," tutur seorang eksekutif Samsung kepada media Korea Selatan, The Investor.

Menurut sejumlah laporan, Apple akan memangkas produksi iPhone X dari rencana awal. Pengurangan produksi ini otomatis membuat pesanan layar OLED kepada Samsung menjadi berkurang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apple dan Samsung Saling Bergantung

Calon pembeli rela antre di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). Mereka rela antre dari pagi untuk iPhone seri terbaru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Layaknya love hate relationship, Apple dan Samsung memiliki hubungan yang unik.

Selain saling bersaing di pasar smartphone, keduanya juga merupakan rekan bisnis. Apple adalah salah satu klien terbesar Samsung, termasuk sebagai penyuplai layar.

Samsung dan Apple sama-sama ingin mengurangi ketergantungan. Apple sendiri juga sedang berusaha melakukan hal yang sama dengan rivalnya tersebut.

Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu ingin bekerjasama dengan lebih banyak penyuplai komponen untuk berbagai produksinya.

Salah satu cara Apple mengurangi ketergantungan yaitu bekerjasama dengan LG Display. Rival senegara Samsung itu dilaporkan akan menyuplai layar OLED untuk seri iPhone terbaru.

Namun, Samsung tetap akan menjadi rekanan Apple untuk produk serupa, tapi bukan penyuplai tunggal.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.