Sukses

Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan di iOS dan MacOS

Maraknya serangan phishing atau pencurian data pribadi membuat Apple meningkatkan keamanan privasi di OS perangkat-perangkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Phishing alias pencurian data dan informasi pribadi melalui link berbahaya yang dikirimkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab semakin meresahkan.

Jika tak hati-hati, pengguna smartphone atau komputer bisa mengeklik link yang dikirimkan, dan data pribadi termasuk informasi transaksi keuangan atau nomor kartu kredit pun bisa ikut dicuri.

Berupaya menghindari serangan phishing, Apple bakal menghadirkan pembaruan keamanan pada privasi pengguna perangkat-perangkatnya.

Sebagaimana dikutip Softpedia, Jumat (26/1/2018), pada pembaruan software iOS 11.3 yang akan datang Apple akan meningkatkan privasi pengguna dengan mengimplementasikan metode baru.

Metode tersebut, yakni memberi peringatan pada pengguna jika data personal mereka dibagikan oleh aplikasi-aplikasi yang ada di iPhone.

Bagi Apple, keamanan adalah sebuah hak asasi yang harus dilindungi. Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga merancang semua produknya agar mampu melindungi privasi pengguna dan data apapun didalamnya tetap aman, salah satunya dari pantauan pemerintah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Pelindung Informasi Pribadi

Sebelumnya iOS 11 memungkinkan pengguna untuk memilih apa yang ingin mereka bagikan dan kepada siapa mereka akan berbagi data tersebut.

Nah dengan pembaruan iOS 11.3 yang akan datang, Apple menambahkan ikon privasi baru yang akan ditampilkan saat aplikasi atau fitur Apple meminta penggunaan informasi pribadi.

"Kamu tidak akan melihat ikon ini pada setiap fitur, sebab Apple hanya mengumpulkan informasi ketika diperlukan pada sebuah fitur, baik untuk mengamankan layanan kami ataupun personalisasi pengalaman pengguna," demikian ditulis pada Privasi yang muncul saat setelah pengguna meng-install update iOS 11.3 pada iPhone atau iPad mereka.

 

3 dari 3 halaman

Produk-Produk Apple Jamin Transparansi Info Pribadi

Tampilan Privasi yang hanya bisa dilihat setelah pengguna meng-install iOS 11.3 memperlihatkan produk-produk Apple dirancang untuk digunakan untuk memprosesan di dalam perangkat, membatasi penggunaan data, memberikan transparansi dan kontrol atas informasi pengguna.

Fitur ini telah tersedia di iOS 11.3 versi beta. Pada screenshot yang dibagikan oleh pengguna Twitter CraftyDeano di bawah ini, saat pengguna menekan opsi Learn More, akan terlihat berbagai aplikasi iOS dan fitur yang mungkin membagikan informasi personal pengguna.

Selain pengguna iOS, fitur Privasi pengguna ini juga hadir untuk pengguna pembaruan MacOS High Sierra 10.13.4. CraftyDeano pun membagikan informasi privasi ini untuk pengguna iOS maupun macOS.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.