Sukses

Apple Jual 20 Juta Unit Komputer Mac Sepanjang 2017

Sepanjang tahun 2017, Apple dilaporkan berhasil menjual 20 juta unit komputer Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Mac OS bukanlah sistem operasi komputer yang paling banyak dipakai di dunia. Namun soal penjualan komputer, Apple tampaknya berhasil menjual cukup banyak unit Mac.

Berdasarkan laporan IDC dan Gartner, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Senin (15/1/2018), terungkap bahwa Apple berhasil menjual 20 juta unit komputer Mac sepanjang 2017.

Dengan demikian, Apple berada di urutan keempat sebagai perusahaan teknologi yang produk komputernya paling banyak dijual. Adapun persentase komputer Mac yang dijual sebesar 7,6 persen dari keseluruhan komputer yang dijual di di dunia pada 2017.

Sementara produsen lain yang berhasil menjual lebih banyak komputer dan laptop antara lain adalah HP sebesar 22,7 persen, Lenovo 21,1 persen, dan Dell 16,1 persen.

Lain halnya dengan Acer dan Asus yang penjualan keduanya sedikit di bawah Apple, yakni 6,8 persen dan 6,6 persen.

Menyoal pertumbuhan, penjualan komputer dan laptop Apple tumbuh 5,9 persen dibanding tahun sebelumnya dan HP tumbuh 8,2 persen dibanding tahun lalu.

Sekadar diketahui, tahun lalu Apple merilis komputer iMac Pro yang dirancang untuk pengguna profesional. Apple diperkirakan akan merilis pembaruan dari Mac Pro tahun ini. Jika rumor tersebut benar, kemungkinan penjualan Mac bakal kembali meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa iPhone Setara MacBook

iPhone ternyata makin pintar, terbukti pada iPhone X dan iPhone 8 yang belum lama ini dirilis Apple, kinerja kedua perangkat tersebut disebut-sebut setara dengan sebuah laptop MacBook.

Hal ini lantaran disematkannya chip Apple A11 Bionic yang berbasis neural engine pada iPhone X. Kesamaan performa A11 Bionic dengan MacBook Pro terungkap dari situs benchmark Geekbench.

Dilansir MacRumors, dalam uji perangkat yang dilakukan Geekbench, A11 Bionic mampu mencetak skor rata-rata 4.169 untuk kinerja single-core, dan skor 9.836 untuk kinerja multi-core.

Sementara, uji perangkat satu per satu juga mencatat skor yang lebih tinggi. Kinerja tertinggi A11 Bionic, pada single-core skornya bisa mencapai 4.274. Sementara, kinerja multi-core skornya mencapai 10.438.

Untuk perbandingan, MacBook Pro 13 inci yang baru saja dirilis pada 2017 dengan spesifikasi tertinggi--dual-core 3, GHz--bisa menorehkan kinerja single-core dengan skor 4.592 dan multi-core dengan skor 9.602.

Dengan demikian, skor membuktikan A11 Bionic bekerja sempurna dalam kinerja multi-core jika dibandingkan dengan chip MacBook Pro 13 inci.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.