Sukses

Bikin Panik, iPhone Meledak di Toko Resmi Apple

Sebuah iPhone mengalami overheating, meledak, dan mengeluarkan asap di toko resmi Apple di Zurich, Swiss, membuat semua orang dievakuasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah iPhone meledak di toko resmi Apple Store di Zurich, Swiss. Gara-gara hal tersebut, seorang staf menderita luka bakar dan seisi toko harus dievakuasi. iPhone yang belum diketahui serinya tersebut meledak gara-gara baterainya mengalami overheating alias panas berlebihan.

Mengutip laman Newsweek, Jumat (12/1/2018), polisi yang bertugas mengatakan setidaknya 50 pegawai dan pengunjung yang berada di dalam toko diminta untuk meninggalkan toko yang terletak di pusat perbelanjaan Bahnhofstrasse, Zurich, itu.

Polisi mengevakuasi semua orang setelah seorang pegawai menderita luka bakar di tangannya saat mencoba mencabut baterai dari perangkat.

"Tiba-tiba saja perangkat tersebut meledak," kata petugas kepolisian Kota Zurich kepada media setempat. Berdasarkan laporan kepolisian, petugas Apple Store mengatasi masalah ini dengan baik.

"Mereka memercikkan pasir kuasa di atas baterai yang mengalami overheating sehingga asapnya bisa hilang setelah menyalakan ventilasi," katanya.

Polisi juga menyebut, selain petugas yang tangannya mengalami luka bakar, tujuh orang lainnya diperiksa meski tidak masuk rumah sakit.

Sampai saat ini, proses investigasi terhadap iPhone meledak masih dilakukan oleh petugas forensik Zurich Forensic Institute.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPhone Meledak di Toko Apple Valencia, Spanyol

Selain di toko Apple Store di Zurich, sebuah iPhone juga meledak di Apple Store di Valencia, Spanyol.

Toko resmi Apple tersebut dipenuhi asap setelah baterai di dalam sebuah iPhone yang tengah direparasi terbakar.

Pekerja di toko itu menahan api dan membuka jendela untuk mengeluarkan asap yang memenuhi seluruh toko Apple yang dimaksud.

Mereka juga memanggil polisi dan petugas pemadam kebakaran. Namun, kedatangan petugas pemadam kebakaran tak diperlukan karena petugas toko telah mengatasi masalah tersebut.

Untungnya, tidak ada korban terluka akibat ledakan iPhone di Apple Store di Valencia, Spanyol itu. 

3 dari 3 halaman

Baterai iPhone Bermasalah

Kabar bermasalahnya baterai iPhone bukanlah yang pertama kalinya. Oktober lalu, baterai iPhone 8 Plus mencuat ke luar casing.

Insiden tersebut terjadi di Tiongkok, Taiwan, dan Jepang. Kendati demikian, baterai perangkat tidak meledak.

Insiden lainnya melibatkan baterai iPhone 7 yang mengalami overheating, minggu ini di Orlando, Florida dan menyebabkan luka bakar di perut seorang remaja bernama Tina Pierre.

Ia memperlihatkan sebuah foto perutnya yang menderita luka bakar berbentuk iPhone kepada News 6. "Ini sangat menyakitkan, benar-benar sakit. Ya Tuhanku," kata Tina Pierre.

Pierre mengaku telah menghubungi Apple tetapi tak menerima bantuan apapun dari perusahaan teknologi raksasa itu, hanya sebatas penggantian unit.

"Mereka hanya menanyakan 'bagaimana iPhone-nya? Kamu harus mengirimkan iPhone tersebut'. Saya berpikir, lantas bagaimana dengan perut saya. Mereka tak menanyakan apapun tentang luka saya, mereka tidak peduli dengan itu," katanya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.