Sukses

5 Risiko Berbahaya Pakai Smartphone dengan Layar Retak

Ini risiko yang berbahaya jika terus-terusan menggunakan smartphone dengan layar retak. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin beberapa dari kamu pernah mengalami insiden smartphone terjatuh kencang ke lantai dan layarnya langsung retak. Pasti sangat menganggu bukan?

Memang, kebanyakan smartphone dengan layar yang retak masih bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Namun tahukah kamu bahwa layar smartphone yang retak ini ternyata berisiko jika digunakan terus-terusan? Apalagi, risikonya cukup berbahaya bagi kesehatan.

Nah, karena itu ada beberapa risiko yang terjadi jika kamu terus menggunakan smartphone dengan layar retak. Apa saja? berikut daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/1/2018).

1. Respons Layar Sentuh Menurun

Walau masih bisa digunakan, keretakan pada layar smartphone ternyata berpotensi menurunkan sensitivitas layar sentuh. Dengan demikian, layar sentuh yang retak tak lagi jadi responsif.

Apalagi, jika layar sentuh yang rusak dibersihkan pengguna, kemungkinan kerusakan akan cepat 'menular' karena bagian yang retak akan menganggu bagian layar lain yang belum retak dan otomatis akan menjadi rusak seutuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lebih Rentan

Risiko berikutnya adalah keretakan pada layar otomatis bisa menyebabkannya menjadi lebih rentan. Pasalnya, layar seharusnya berfungsi untuk melindungi perangkat dari benturan.

Namun pada kenyataannya, layar yang retak justru akan lebih rentan terhadap material kecil seperti debu atau air yang bisa masuk ke dalamnya.

3. Melukai Jari

Pecahnya layar smartphone juga berpotensi melukai jari pengguna. Apalagi jika pengguna sering menggunakan untuk bermain gim dengan layar sentuh.

Maka dari itu, lekas perbaiki layar smartphone ke gerai servis terdekat agar bisa menghindari kemungkinan buruk seperti ini.

3 dari 3 halaman

4. Gangguan Mata

Keretakan pada layar smartphone ternyata juga menganggu penglihatan pengguna dan berisiko menyebabkan gangguan mata karena layar pasti akan terbagi-bagi dan tidak dapat dilihat secara utuh.

Jika hal ini terus-terusan dilakukan, pengguna akan mengalami gangguan mata minor yang cukup menganggu.

5. Radiasi Lebih Besar

Tahukah kamu, layar smartphone yang retak ternyata juga bisa menyebabkan radiasi lebih besar. Dengan layar yang rusak, smartphone akan mengeluarkan radiasi dari keretakan layar dan berisiko menganggu kesehatan pengguna.

Bahkan, International Agency for Research on Cancer mengklaim radiasi yang dipancarkan dari layar smartphone dua kali berbahaya dari radiasi smartphone biasa.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.