Sukses

Ikuti 5 Tips Ini agar Smartphone Kamu Lebih Awet

Tak ingin smartphone cepat rusak, ikuti lima tips ini agar smartphone kamu lebih awet.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh pengguna internet di berbagai usia. Karena dianggap sangat berharga, pengguna smartphone sedapat mungkin menjaga perangkat mereka agar tidak cepat rusak.

Dengan demikian, kamu tidak perlu merogoh kantong untuk membeli smartphone baru yang mungkin harganya cukup mahal. Cara apa saja yang bisa dilakukan agar dapat membuat smartphone lebih awet?

1. Bersihkan Secara Berkala

Salah satu yang perlu kamu lakukan sebagai pengguna smartphone adalah menjaga kebersihan smartphone. Kamu bisa membersihkan smartphone secara berkala.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan tisu kering atau tisu yang ditetesi alkohol untuk membersihkan permukaan atau bagian luar smartphone.

Ingatlah untuk tidak menggunakan air, tisu basah, atau pembersih lain yang akan membuat smartphone menjadi lembab dan mungkin rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi Daya Sesuai Kebutuhan

2. Isi Daya sesuai Kebutuhan

Untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tidak mengalami overheating, kamu bisa mengisi baterai smartphone sesuai kebutuhan. Banyak pengguna yang mengisi daya di malam hari hingga ketiduran dan baru pagi hari dicabut.

Meski baterai smartphone sekarang dilengkapi dengan teknologi pintar untuk memutus aliran listrik saat pengisian daya telah selesai, sebaiknya hindari mengisi baterai semalaman.

3. Simpan di Tempat yang Aman

Pastikan untuk menaruh smartphone di tempat yang aman saat sedang tidak digunakan. Pengguna juga perlu memastikan agar tempat penyimpanan tidak membuat smartphone terjatuh atau terinjak.

Selain itu, pastikan juga untuk menjauhkan smartphone dari jangkauan anak-anak, sebab hal ini berpotensi membuat smartphone jatuh atau terbanting dan rusak.

Menaruh smartphone di tempat aman

Salah satu tempat yang aman untuk menyimpan smartphone adalah di atas meja atau rak buku. Jangan menyimpan smartphone di tas atau wadah tertutup dalam jangka waktu lama. Hal ini lantaran mengisi daya smartphone dalam wadah tertutup memiliki potensi terbakar dan mempersingkat daya tahan baterai.

3 dari 3 halaman

Pasang Casing dan Pelindung Layar

4. Perhatikan Kondisi Baterai

Baterai smartphone terletak di dalam bodi smartphone dan terlindung dengan material metal, plastik, atau kaca. Kendati begitu, pengguna perlu memastikan agar baterai smartphone selalu kering.

Sebaiknya jangan menelepon dengan smartphone di bawah tetesan hujan, jangan makan atau minum di dekat smartphone, dan hindari membawanya ke dekat tempat air terbuka seperti pantai dan toilet.

5. Pasang Casing dan Pelindung Layar

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

Smartphone perlu dilindungi agar saat jatuh bodinya tidak baret dan layarnya tidak pecah. Salah satu cara yang cukup umum adalah membeli casing smartphone dan pelindung layar.

Dengan casing dan pelindung layar, smartphone kamu bakal terlindung dari benturan atau goresan yang bisa merusak tampilannya.

Kedua aksesoris smartphone ini pun banyak ditemukan baik di toko online maupun toko aksesoris gadget. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.