Gedung Pencakar Langit di Tiongkok Dilelang Lewat Toko Online

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 30 Des 2017, 12:00 WIB
Diperbarui 01 Jan 2018, 11:13 WIB
Gedung dilelang di toko online

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi hal unik terjadi di dunia maya. Kali ini sebuah gedung pencakar langit di utara Provinsi Shanxi, Tiongkok, dilelang melalui salah satu e-commerce terbesar di Tiongkok, Taobao. Bangunan tersebut didaftarkan dalam pelelangan toko online Taobao sejak 1 Desember 2017.

Gedung pencakar langit setinggi 156 meter (39 lantai) itu memiliki luas total 76.000 meter persegi dan saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Sabtu (30/12/2017), penyebab gedung ini dilelang lantaran pengembangnya memiliki masalah finansial dalam mendanai pembangunannya. Gara-gara hal itu, pengadilan tinggi Provinsi Shanxi menyita bangunan dan kini melelangnya di toko online.

Gedung ini mulai dibangun pada 2006 dan harusnya selesai pada 2011. Kendati begitu, masalah finansial yang dialami pengembang membuat bangunan ini tak selesai hingga tahun 2017.

Adapun proses pelelangan bakal dibuka 2 Januari 2018 dengan tawaran harga mulai dari 553 juta Yuan atau sekitar US$ 84 juta (setara Rp 1,13 triliun).

Beberapa foto yang dicantumkan pada laman toko online tempat pengadilan mengadakan pelelangan memperlihatkan penampakan gedung yang belum selesai dibangun.

Selain itu ada pula foto bagian parkiran mobil yang belum selesai dikerjakan, lengkap dengan bahan bangunan yang diletakkan di lantai.

2 dari 2 halaman

Pesawat Dilelang di Toko Online

Dua pesawat  Boeing 747 terjual di situs belanja online China, Taobao
Dua pesawat Boeing 747 terjual di situs belanja online China, Taobao (Taobao)

Tak hanya melelang sebuah gedung, toko online juga sering digunakan untuk menjual berbagai hal baru nan unik. Baru-baru ini, dua buah pesawat terbang jenis Boeing 747 dilelang di salah satu toko online Tiongkok.

Mengutip Ubergizmo, Jumat (24/11/2017), toko online yang menjual pesawat jenis Boeing 747 adalah Taobao. e-Commerce ini dikenal sebagai salah satu yang paling besar di Negeri Tirai Bambu.

Taobao dimiliki dan dioperasikan oleh Alibaba Group, salah satu pemain terbesar di industri e-Commerce dunia.

Berdasarkan laporan kantor berita Xinhua, maskapai penerbangan SF Airlines membeli dua unit pesawat pengangkut jenis Boeing 747 di Taobao.

SF Airlines menawar kedua pesawat tersebut dengan harga lebih US$ 48 juta atau sekitar 320 juta Yuan (sekitar Rp 648 ,6 miliar).

Adapun kedua jet tersebut dijual oleh Pengadilan Kota Shenzhen (Intermediate People's Court). Sebenarnya ada pesawat ketiga yang dilelang, namun gagal terjual.

Wakil Presiden Pengadilan Kota Shenzhen, Long Guangwei mengatakan, "pelelangan online merupakan cara yang cukup baik untuk menjual aset-aset dari perusahaan yang bangkrut."

Sebenarnya, selain sebagai e-Commerce, Taobao juga mengoperasikan sebuah platform lelang pengadilan, di mana aset-aset yang disita dari seluruh Tiongkok dijual melalui lelang.

Beberapa jenis aset yang dilelang meliputi peralatan industri, real estate, kendaraan, hingga lelang kredit macet dari perusahaan-perusahaan Tiongkok.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓