Sukses

iPhone X Bikin Banyak Pengguna Android Beralih ke iOS

Kehadiran iPhone X menyita banyak perhatian tidak hanya dari pengguna setia iOS, tapi juga Android.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran iPhone X menyita banyak perhatian tidak hanya dari pengguna setia iOS, tapi juga Android. Menurut laporan analis, tingkat perpindahan dari Android ke iOS meningkat setelah iPhone X debut.

Dilansir Softpedia, Rabu (27/12/2017), analis dari Morgan Stanley, Katy Huberty mengklaim tingkat migrasi dari Android ke iOS telah meningkat dari 6,7 persen pada Oktober 2017 menjadi 9,2 persen setelah iPhone X meluncur. Ia menilai adopsi iPhone X yang lebih baik daripada iPhone 8 dan 8 Plus sebenarnya tidak mengejutkan.

Mirisnya, penjualan kedua model tersebut terpengaruh karena kehadiran iPhone X yang justru menjadi "rival" kuat. Hal ini kemungkinan besar disebabkan sejumlah fitur seperti Face ID, Animoji dan layar OLED yang dimiliki iPhone X.

"Data tambahan menunjukkan adopsi iPhone X di Tiongkok lebih cepat daripada iPhone 8 dan 8 Plus. Terlepas dari penetrasi yang lebih cepat dari iPhone X dibandingkan 8 dan 8 Plus, kami meyakini ada permintaan terpendam yang signifikan dari basis pemilik iPhone lama (lebih dari 2 tahun)," ungkap Huberty.

iPhone X dirilis bersamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus pada September 2017. iPhone X tidak hanya menjadi smartphone termahal yang pernah dijual Apple, tapi kehadirannya sekaligus untuk merayakan 10 tahun "kelahiran" iPhone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagian Besar Upgrade dari iPhone 7

Karyawan menunjukkan iPhone X dan iPhone 8 pada penjualan perdana di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). Calon pembeli rela antre untuk membeli iPhone terbaru sejak pagi hari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Huberty dalam laporannya menjelaskan rata-rata setengah dari pengguna Apple di Tiongkok yang membeli iPhone X adalah pemilik iPhone 7 dan 7 Plus. Apple mengalami pertumbuhan di Tiongkok dan ini menjadi hal baik, terutama karena pasar lokal tersebut menjadi wilayah yang cukup berat untuk didominasi oleh iPhone.

Sebuah iPhone X terbaru dipajang di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun penjualan awal iPhone X cukup terkendala karena keterbatasan suplai. Apple saat ini dalam proses menyelerasakan produksi dengan permintaan yang ada. Sejumlah analis memperkirakan iPhone X akan tersedia untuk lebih banyak konsumen pada awal Januari 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.