Sukses

Perkuat Pasar Indonesia, Xiaomi Jalin Kerja Sama dengan Lazada

Lewat kerja sama ini, Xiaomi ingin meningkatkan brand presence-nya di Lazada, sekaligus menjadi pimpinan smartphone di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Lazada Indonesia. Penandatangan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperdalam kerja sama antara kedua perusahaan, sekaligus mendorong pertumbuhan dua perusahaan di Indonesia.

Untuk Xiaomi, kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan brand presence perusahaan asal Tiongkok itu di Lazada. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia.

"Lazada adalah pelopor dalam belanja online di Indonesia dan sudah berhasil mengumpulkan banyak pengunjung. Kerja sama ini mempermudah kami dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan harga sebenarnya ke lebih banyak pelanggan," tutur Head of Xiaomi South Pacific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager, Steven Shi dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (20/12/2017).

Xiaomi sendiri baru saja meluncurkan perangkat terbarunya ke pasar Indonesia yang juga dipasarkan melalui Lazada, yakni Redmi 5A. Khusus untuk produk anyar ini, Xiaomi mengklaim Redmi 5A merupakan smartphone terbaik di kelasnya.

Smartphone yang mempunyai bentang layar 5 inci ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2. Guna menunjang performanya, Redmi 5A dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh.

"Ketimbang smartphone lain di kelasnya dengan layar ukuran 5 inci, Redmi 5A sudah didukung dengan Snapdragon 425 dan RAM 2 GB," ujar Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung.

Spesifikasi itu membuat smartphone ini berhasil mengungguli kompetitor di kisaran harga Rp 1 juta. Urusan fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama 13MP yang didukung dengan fitur PDAF. Sementara untuk keperluan swafoto, kamera depan beresolusi 5MP.

"Untuk di kelasnya, Redmi 5A sudah memiliki kamera utama 13MP dengan fitur PDAF. Fitur ini membuat kamera perangkat ini menjadi yang terbaik di kelasnya," tutur Donovan menjelaskan.

Smartphone yang mempunyai bentang layar 5 inci ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 7.1.2. Guna menunjang performanya, Redmi 5A dibekali baterai berkapasitas 3.000mAh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibanderol Lebih Murah Ketimbang di Tiongkok

Lantas, berapa harga smartphone ini? Donovan menuturkan harga Redmi 5A di Indonesia adalah Rp 999.000, lebih murah dari harga di Tiongkok, yakni Rp 1,3 juta.

Menurutnya, harga jual Redmi 5A di Indonesia menjadi lebih murah karena dukungan sejumlah mitra Xiaomi di Tanah Air. Untuk Redmi 5A, Xiaomi bekerja sama dengan Qualcomm, Erajaya, Indosat Ooredoo, dan Lazada.

Selain kerja sama itu, Xiaomi sendiri sudah menerapkan model bisnis yang membuat produknya berhasil dijual lebih murah. CEO Xiaomi Lei Jun, menyebut Xiaomi tak mengambil untung dari produk yang dijualnya.

"Harga Xiaomi lebih murah karena kami tak mengambil untung. Kami menekan sejumlah biaya lain sehingga harga jual barang sama dengan harga modal. Hal itu yang membuat kami berhasil menjualnya lebih murah," tuturnya.

Salah satu lini pengeluaran yang ditekan, menurut Lei Jun, adalah pemasaran dan penjualan. Saat berkunjung ke Indonesia pertama kali, ia mengatakan, di masa awal berdiri, Xiaomi hanya memfokuskan pengeluaran untuk kebutuhan pengembangan dan penelitian, termasuk material produk.

"Lima tahun pertama, kami tak pernah mengeluarkan budget untuk pemasaran dan penjualan. Kami lebih memfokuskan pada pengolahan bahan mentah, termasuk bidang pengembangan dan riset," ujarnya menjelaskan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.