Sukses

Spesifikasi Terungkap, Nokia 9 Bakal Jadi Saingan Berat iPhone?

Bocoran spesifikasi Nokia 9 terungkap dari laman FCC, smartphone ini bakal menjadi saingan berat bagi iPhone?

Liputan6.com, Jakarta - Nokia telah menghadirkan smartphone premium Nokia 8, kendati begitu banyak pihak menganggap perangkat tersebut bukan yang terbaik yang ditawarkan oleh HMD Global.

Kini, sebuah smartphone baru yang diduga sebagai Nokia 9 hadir dengan bocoran spesifikasi yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat bagi iPhone.

Spesifikasi perangkat yang diduga Nokia 9 ini terungkap dalam laman komisi komunikasi federal (Federal Communications Commission, FCC) Amerika Serikat.

Diketahui, biasanya dokumen perangkat smartphone yang belum dirilis selalu tertera di laman FCC. Kendati begitu, laman tersebut tak secara gamblang mengungkap detail spesifikasi perangkat yang akan dirilis.

Untuk smartphone yang diduga Nokia 9 ini, laman FCC memuat screenshot dari menu Setting. Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari BGR, Kamis (21/12/2017), FCC memang tidak menyebut rinci nama smartphone-nya sebagai Nokia 9, namun model number-nya adalah TA-1005 yang diproduksi oleh HMD Global.

Smartphone diduga Nokia 9 (Foto: Gizmochina)

Berdasarkan laman FCC, beberapa spesifikasi fisik Nokia 9 antara lain adalah layar OLED seluas 5,5 inci dari LG, prosesor Snapdragon 835, kamera utama ganda masing-masing 12MP dan 13MP serta kamera depan 5MP.

Sementara memori internal perangkat ini sebesar 128GB. Nokia 8 juga diduga menjalankan OS Android Oreo 8.0. Dari segi kapasitas daya, Nokia 8 diduga dibekali baterai 3.250mAh yang didukung dengan pengisian daya cepat.

Gizmochina dalam laporannya menyebut, Nokia 9 kemungkinan saat ini telah dalam proses produksi massal oleh FIH Mobile (salah satu anak usaha Foxconn) yang menangani produksi smartphone HMD Global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Smartphone Qwerty Nokia

Bicara mengenai smartphone ber-keyboard qwerty, saat ini di pasaran hanya merek BlackBerry dari TCL yang masih menghadirkannya.

Kendati begitu, menurut sebuah laporan dari NPU, manufaktur smartphone Nokia, HMD Global, mungkin bakal segera menghadirkannya di pasaran.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (20/12/2017), berdasarkan seorang sumber terpercaya yang tak disebutkan namanya, sebuah perangkat Nokia TA-1047 diduga bakal hadir dengan keyboard qwerty.

Perangkat yang dimaksud kabarnya baru-baru ini juga tampak di laman komisi komunikasi federal (Federal Communications Commission, FCC) Amerika Serikat. Sayangnya dalam laman tersebut tidak ada konfirmasi mengenai bocoran spesifikasi atau fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Hanya keterangan dimensinya yang membuat orang berspekulasi bahwa akan ada keyboard qwerty pada perangkat tersebut.

Kemungkinan, perangkat itu memiliki layar 3,3 inci dengan resolusi 480x480 piksel dan diperkuat dengan chipset Snapdragon 205.

Selain itu, perangkat dengan nama Nokia TA-1047 ini kemungkinan juga menggunakan OS bernama Kai OS. Namun, tidak dijelaskan apakah perangkat ini berbasis Android atau tidak.

Belum ada informasi mengenai kapan perangkat tersebut dirilis, namun dengan kehadiran CES dan MWC 2018 yang sudah di depan mata, bukan tidak mungkin Nokia atau HMD Global akan membagi pengumuman lebih lanjut tentang perangkat ini.

Sekadar diketahui, beberapa tahun silam, Nokia memang pernah merilis perangkat smartphone yang dibekali keyboard QWERTY seperti milik BlackBerry.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin saat ini Nokia akan kembali menghadirkannya bagi pengguna yang menyukai perangkat dengan keyboard fisik.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.