Sukses

Hidup Lebih Sehat dengan Big Data

Data-data kesehatan yang dimiliki pengguna diolah melalui aplikasi, termasuk histori medis, gaya hidup dan pilihan-pilihan menu makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Big Data yang digunakan dalam banyak bisnis dan industri seperti periklanan, marketing, retail, telekomunikasi, dan asuransi, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menopang gaya hidup sehat.

Salah satu perusahaan teknologi kesehatan karya anak negeri, Gorry Holdings, memanfaatkan teknologi tersebut dengan menawarkan one stop e-Wellness solutions yang diklaim bisa menjadi ekosistem terintegrasi untuk solusi hidup sehat.

Layanan itu diberi nama Gorry Gourmet dan aplikasi GorryWell. Melalui Gorry Gourmet, kamu dapat memilih menu makanan secara online berdasarkan tujuan kesehatan yang spesifik.

Bahkan melalui produk special needs, Gorry Gourmet dapat membuat produk yang disesuaikan dengan riwayat medis kamu, seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, autisme, hipertensi, pasca-melahirkan, pasca-operasi, hingga kanker.

Gorry Holdings diklaim mengombinasikan kekuatan data, teknologi, dan pengembangan produk kompetitif.

Aplikasi GorryWell juga mendukung Kementerian Kesehatan dalam merekomendasikan resep makanan yang mudah dibuat sekaligus saran menu restoran untuk tujuan kesehatan yang spesifik, bahkan termasuk saran porsi makan secara otomatis.

“Edukasi masyarakat tentang hidup sehat di Indonesia sudah cukup bagus, hanya memang penetrasinya masih terbilang kecil dibanding negara-negara lain. Di sinilah peran teknologi sangat krusial. Teknologi membuat edukasi mudah diakses, yaitu melalui smartphone," kata William Susilo, Pendiri dan Direktur Utama Gorry Holdings dalam keterangannya, Jumat (15/12/2017) di Jakarta.

Dengan GorryWell, William melanjutkan, pengguna dapat mengambil foto makanan di bagian Gorry Journal lalu diunggah ke GorryWell untuk diestimasi jumlah kalori dan memberikan rekomendasi olahraga untuk membakarnya.

"Ke depannya pengembangan fitur pun akan dibuat lebih interaktif, sehingga chat dengan ahli gizi menjadi lebih mudah dilakukan,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merangkul 500 Restoran

Gorry Holdings, menurut William, adalah pelopor teknologi kesehatan di kawasan Asia Tenggara yang fokus pada analisis dan health data.

Data-data kesehatan yang dimiliki pengguna diolah melalui aplikasi ini, termasuk histori medis, gaya hidup dan pilihan-pilihan menu makanannya.

"Dari sana lalu muncul rekomendasi, misal berupa makan apa di restoran mana dan dengan porsi seberapa banyak. Dan setiap rekomendasi berbeda satu sama lain meskipun mungkin keluhan kesehatannya sama," paparnya.

Ia menuturkan lebih dari 500 restoran di Jakarta dan Tangerang yang masuk di daftar publikasi GorryWell.

Sejauh ini Gorry Holdings telah menjalin kerja sama dengan instansi laboratorium, asuransi, dan restoran-restoran untuk menyediakan makanan sehat dan layanan gizi sesuai standar.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.