Sukses

Waspada, Diskon Abal-Abal Kembali Menghantui Harbolnas

Iming-iming diskon palsu kembali beredar di Harbolnas 2017. Apa saja jenis diskon abal-abal yang hadir kali ini?

Liputan6.com, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 masih mengalami masalah yang hingga kini belum bisa diatasi.

Masalah yang dimaksud tak lain adalah kasus potongan harga gila-gilaan oleh beberapa penjual. Lazada, contohnya, lagi-lagi ditemukan diskon abal-abal dengan harga yang kelewat murah.

Pantauan Tekno Liputan6.com, keluhan warganet seputar diskon abal-abal Harbolnas ini awalnya diungkap oleh seorang konsumen bernama Herry SW. Dalam akun Twitter-nya, @herrysw, pria tersebut mengaku menemukan beberapa smartphone yang didiskon dengan harga tak masuk akal di Lazada.

"Diskon tipu-tipuan ternyata masih saya temukan di Lazada saat Harbolnas," kicau Herry sambil mengunggah potongan gambar smartphone yang dijual dengan potongan harga yang tak masuk akal.

Memang, potongan harga yang ditawarkan dari harga aslinya benar-benar tidak sesuai dengan rentang harga smartphone yang dijual sekarang. Ambil contoh iPhone 5 varian 16GB, harganya didiskon menjadi Rp 1.485.060.

Sementara Xiaomi Redmi Note 4X varian memori internal 64GB didiskon menjadi Rp 2.177.650 dari harga Rp 10.700.000. Mendadak sontak, harga asli dari smartphone tersebut membuat pembeli geleng-geleng kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Harga di Pasaran

Yang lebih bikin geleng-geleng kepala lagi, seorang warganet membalas kicauan Herry dengan mengunggah potongan gambar smartphone OnePlus 5 yang didiskon hingga Rp 2 jutaan di Lazada.

Menurut mereka, diskon tersebut jelas tak masuk akal untuk sebuah smartphone yang baru saja dirilis.

Herry pun melanjutkan kicauannya kepada semua pihak yang hendak berbelanja online agar jangan tergiur dengan diskon abal-abal.

Menurutnya, saat berbelanja online dan melihat diskon yang terlampau murah, sebaiknya cek kembali harga di pasaran karena bisa jadi diskon tersebut benar abal-abal.

"Buat yang akan berbelanja saat Harbolnas, jangan kalap mata ya. Cek dulu harga pasaran karena biasanya banyak promo palsu. Khusus kala transaksi di situs tertentu, pastikan pilih metode pembayaran COD atau mending batal belanja. #tipHSW," tutur Herry menambahkan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.