Sukses

Serba-Serbi Snapdragon 845: Teknologi XR hingga Kecerdasan Buatan

Qualcomm menggelar sesi demo perangkat bertenaga Snapdragon 845. Simak rangkumannya berikut ini

Liputan6.com, Maui - Snapdragon 845 memulai debutnya dengan menjadi tenaga atau otak pada dua perangkat "Always Connected PC", yakni Asus NovaGo dan HP Envy X2. Prosesor terbaru Qualcomm ini juga menggebrak pasar dengan sejumlah teknologi canggih di masa depan.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan langsung untuk menyaksikan pengumuman penting dan sederet inovasi baru ini di Grand Wailea, Maui, Hawaii yang berlangsung pada 5 Desember hingga 7 Desember 2017.

Di hari terakhir ini, Qualcomm mengajak sebanyak 300 awak media dari berbagai penjuru dunia untuk turut serta menyaksikan demo perangkat bertenagakan Snapdragon 845.

Pada sesi ini, Qualcomm menghadirkan sejumlah booth yang mendemokan masing-masing kemampuan Snapdragon 845. Qualcomm juga menampilkan deretan smartphone yang memakai generasi terdahulu, Snapdragon 835.

Purwarupa headset Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk kebutuhan medis dipajang pada sesi Demo Snapdragon 845. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Kami juga diajak untuk menguji coba pemeriksaan pasien dengan menggunakan headset VR. Di sini, pengguna headset VR melakukan simulasi pemeriksaan pasien secara virtual.

"Saat ini purwarupa yang kami tampilkan masih menggunakan Snapdragon 835, tetapi headset VR dan kacamata AR yang ditenagai 845 akan hadir tahun depan," tutur salah satu tim pengembang produk Qualcomm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Booth di Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017

Beranjak ke stand lainnya, kami juga mencoba fitur kamera smartphone purwarupa yang dapat menghasilkan foto bokeh tanpa memerlukan dua lensa. Untuk mendukung kemampuan ini, Snapdragon 845 dibekali Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

Tim produk Qualcomm menguji coba kemampuan fitur bokeh hanya dengan satu kamera di purwarupa ponsel berotak Snapdragon 845. (Liputan6.com/Corry Anestia)

"Ponsel dengan Snapdragon 845 bisa mengambil foto bokeh dengan satu kamera saja. Tentunya OEM yang ingin menggunakan kemampuan ini harus memakao Snapdragon 845 juga," ungkap tim produk Qualcomm lainnya.

Yang menarik, Qualcomm juga turut mendemostrasikan cara chipset Snapdragon mendeteksi GPS palsu pada simulasi pemesanan dan pengiriman makanan secara online melalui aplikasi.

Menurut tim Qualcomm, ini adalah salah satu keunggulan 845, yakni memiliki komponen yang mampu mendeteksi sinyal ponsel secara digital sehingga dapat mengetahui langsung lokasi GPS si pemilik ponsel.

Terakhir, kami juga merasakan pengalaman audio yang memungkinkan minim noise dan bermain gim di ponsel dengan tampilan grafis memuaskan di resolusi 1080p.

Snapdragon 845 mampu mainkan sejumlah gim yang terpasang di smartphone dengan mulus. (Liputan6.com/ Corry Anestia)

Qualcomm sendiri memang menjanjikan peningkatan fitur pada konten multimedia dengan mengusung CPU Kryo 385 yang dibekali ARM Cortex 10LPP FINFET generasi kedua serta core grafis Adreno 630.

(Cas/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.