Sukses

Dukung Pendanaan Startup, UI dan Alumni Bentuk UI Ventures

Wadah yang dibentuk alumni UI ini akan membina dan memberikan dukungan kepada startup binaan dan komersialisasi hasil riset UI.

Liputan6.com, Jakarta - Universtitas Indonesia (UI) terus berusaha memberikan dukungan yang optimal untuk usaha rintisan (startup) binaannya. Salah satu upaya terbaru, yaitu alumni UI dan pihak UI membentuk Usaha Inovasi Venutra (UI Ventures).

Diungkapkan Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha UI, Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, UI Ventures merupakan wadah yang dibentuk para alumni UI untuk membina dan memberikan dukungan kepada startup binaan dan komersialisasi hasil riset UI. Nantinya, UI Ventures diharapkan bisa menjadi sumber pendanaan bagi kedua hal tersebut.

“Ini merupkan bentuk dari kepedulian para alumni, jadi mereka membentuk suatu wadah. Mereka akan memberikan dana, menggulirkannya dan membentuk strukturnya,” kata Nia kepada Tekno Liputan6.com saat peluncuran UI Ventures di kawasan Jakarta, Rabu (6/12/2017) malam.

Nia mengungkapkan, pendanaan UI Venture tidak terbatas hanya bersumber dari alumni saja. Pihak luar juga bisa memberikan suntikan dana yang memang dibutuhkan untuk mengembangkan startup binaan dan hasil riset UI.

UI Ventures sendiri dipelopori Senior Managing Director Creador Cyril Noerhadi, Presiden Direktur Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro, Managing Partner Assegaf Hamzah and Partner Ahmad Fikri Assegaf, dan Country Head Director Nomura Omar Anwar.

UI juga turut serta dalam pembentukan UI Ventures melalui salah satu perusahaan milik perguruan tinggi tersebut yaitu PT, Makara Mas. UI juga turut bertindak sebagai salah satu investor di UI Ventures.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutan Program Perusahaan Startup Binaan UI

Nia mengungkapkan UI Ventures sekaligus merupakan kelanjutan dari Program Perusahaan Startup Binaan UI yang dirilis pada bulan lalu. Ia berharap semua startup binaan UI dapat terstruktur dengan lebih baik dengan adanya UI Ventures.

Pasalnya, kata Nia, ada beberapa startup binaan UI yang ketika mendapatkan investor, melakukan komersialisasi secara mandiri dan tidak tidak lagi melibatkan UI. Padahal, karena telah dibina sejak awal, UI bisa turut ikut serta dalam perkembangan ke depannya.

“UI berharap bisa membuat aturan supaya ini (startup binaan) tidak lepas begitu saja. UI Ventures ini juga untuk membuat (startup binaan) agar tetap terstruktur,” ungkap Nia.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.