Sukses

Tren Bluetooth Headphone Meningkat Gara-Gara iPhone 7

Sejak Apple menghilangkan port audio pada iPhone 7, penggunaan Bluetooth headphone kian meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Makin banyak smartphone yang menghilangkan port audio 3,5mm membuat tren Bluetooth headphone kian meningkat.

Memang, sejak Apple menghilangkan port audio 3,5mm pada iPhone 7, vendor smartphone lain mulai mengikuti langkah vendor smartphone Amerika Serikat itu. Misalnya saja langkah tersebut diikuti oleh Xiaomi dengan merilis Mi 6 dan Mi MIX 2 yang hadir tanpa port audio 3,5mm.

Hal ini pun jadi peluang tersendiri bagi vendor audio di dunia. Terbaru adalah Audio Technica yang merilis empat tipe Bluetooth headphone dengan kualitas audio tinggi, yakni SR5BT, AR3BT, DSR9BT, dan DSR7BT.

Menurut Sales Executive PT Axindo Infotama Alfredo Vincensius selaku distributor resmi Audio Technica di Indonesia, setelah memboyong empat produk di atas, Audio Technica bakal merilis setidaknya tujuh Bluetooth headphone lainnya.

"Di global produk itu yang pertama jadi produk line-up Bluetooth headphone. Hingga tahun depan mungkin ada enam-tujuh tipe headphone dan earphone berkoneksi Bluetooth baru yang masuk," katanya usai peluncuran Bluetooth headphone Audio Technica di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Dia mengakui, sejak Apple menghilangkan port audio pada iPhone 7, penggunaan Bluetooth headphone kian meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi

"Kalau untuk trennya sendiri, penggunaan Bluetooth headphone sudah meningkat. Sejak iPhone tujuh menghilangkan port audio 3,5mm nanti pasti ke depan produk-produk lain juga menghilangkan (port audio 3,5mm). Pasti nanti maunya semua orang pakai Bluetooth headset," kata Alfredo.

Dia pun memerkirakan, saat ini persentase pengguna headphone dengan kabel dan Bluetooth perbandingannya mungkin 70:30 persen. Artinya masih lebih banyak pengguna yang memakai headphone dengan kabel dibandingkan Bluetooth headphone.

Namun demikian, seiring perkembangan perangkat yang hadir tanpa port audio, bukan tidak mungkin Bluetooth headphone lebih dipilih oleh pengguna.

"Tren Bluetooth headphone bukan hal yang nggak mungkin, seiring dengan perkembangan perangkat. Kalau untuk customer ya mungkin 10 tahun lagi akan lebih banyak pengguna yang memakai Bluetooth headphone," katanya

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.