Sukses

Potret 360 Korea Utara yang Tampak Sepi

Fotografer asal Singapura berkesempatan untuk merekam Pyongyang, ibu kota Korea Utara dari udara dengan video 360 derajat.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara adalah negara yang sangat terisolasi dan jauh dari pengaruh dunia luar. Apakah kamu pernah membayangkan seperti apa kehidupan di sana?

Seorang fotografer asal Singapura, Aram Pan, membawa kamu untuk melihat sekilas situasi di Ibu Kota Korea Utara, yakni Pyongyang. Ia mendapat izin dari pemerintah Korea Utara untuk merekam Pyongyang dari udara dengan video 360 derajat. 

Tentu proyek ini sangat berarti bagi Pan mengingat tak mudah mendapat izin untuk merekam dan memotret video 360 derajat di sana. Bahkan industri media pun sangat dikekang di bawah kepemimpinan diktator Kim Jong Un.

Korea Utara dikenal dengan pembatasan dan sensor fotografi dari semua jenis media. Beruntung, Pan juga mendapat izin untuk mempublikasikan hasil karyanya tersebut.

(Doc: Aram Pan)

"Saya tak melihatnya (Korea Utara) sebagai sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang pikir, dan saya rasa mereka memang merasakan hal itu. Saya rasa semakin kita ramah, mereka akan kian terbuka pada kita," tuturnya saat diwawancara NK News sebagaimana dikutip oleh The Next Web, Kamis (9/11/2017). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fotografer Terkejut

Pan cukup puas dengan hasil karyanya itu dan ia juga menyimpan sebanyak 90 persen foto jepretan di sana yang mungkin belum pernah dunia lihat sebelumnya.

Kondisi Pyongyang, ibu kota Korea Utara diambil dari udara. (Doc: Aram Pan)

"Saya terkejut dengan sterilitas lingkungan di Korea Utara. Di video itu, saya hampir tak melihat lalu lintas, sepertinya hampir tidak ada orang di sana, dan tak ada satu iklan pun terlihat," tutur Pan.

"Korea Utara hancur pada 1950 sebagai akibat dari perang Korea. Namun, sungguh menakjubkan, hari ini terlihat sangat indah," tambahnya.

Jika kamu ingin meliihat videonya, kamu dapat langsung mengunjungi tautan ini

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.