Sukses

Kesulitan Buat Password yang Kuat? Simak Caranya Berikut Ini

Tekno Liputan6.com berbagi tips untuk membuat password yang tak mudah dibobol yang bisa kamu gunakan diberbagai macam layanan internet.

Liputan6.com, Jakarta - Password merupakan salah satu kunci utama bagi pengguna internet saat ini. Alasannya, password digunakan sebagai alat masuk masuk ke akun seseorang. 

Karenanya, kerahasiaan password sangat dijaga ketat oleh pengguna. Apabila password sebuah akun dapat diketahui oleh pihak tak bertanggung jawab, bukan tak mungkin informasi pribadi kamu dapat diakses atau dicuri.

Untuk mengatasinya, kamu tentu perlu membuat password yang kuat dan tak mudah ditebak. Akan tetapi, tak semua pengguna internet ternyata mengetahui cara membuat password anti bobol.

Oleh sebab itu, mengutip informasi dari Nerd Wallet, Rabu (8/11/2017), Tekno Liputan6.com berbagi tips untuk membuat password yang tak mudah dibobol. Seperti apa caranya? Simak artikel berikut ini.

1. Mulai dengan kalimat

Meski password berarti kata kunci, ada baiknya tak hanya mengunakan kata saja. Menurut CEO of Crone Consulting LLC, Richard Crone, saat membuat password baiknya dimulai dengan membuat kalimat terstruktur.

Pilih kalimat yang mudah diingat, tapi sebaiknya jangan memakai informasi seputar kehidupanmu. Hindari menggunakan nama hewan peliharaan atau anggota keluarga.

"Semakin panjang dan tak terhubung dengan dirimu, password akan semakin baik," tuturnya. Sebagai contoh, kamu dapat membuat kalimat 'kucing susah mandi' dan diubah menjadi sebuah password 'kucingsusahmandi'. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari penggunaan kata sebenarnya

2. Hindari pemakaian kata asli

Setelah menemukan kombinasi kalimat yang ingin dipakai, segera lakukan sejumlah perubahan. Salah satunya adalah memotong huruf-huruf yang ada di dalamnya.

Sebisa mungkin jangan memakai kata yang benar-benar ada, sehingga membuat password-mu tak mudah ditebak. Dari contoh di atas, kamu dapat mengubahnya menjadi 'kucsusman'.

3. Gabungkan nomor, simbol, dan huruf besar

Terakhir, ubah beberapa huruf di dalam kalimat tersebut menjadi karakter lain. Seperti diketahui, beberapa situs selalu menyarankan pengguna untuk memakai setidaknya satu huruf besar, satu huruf kecil, dan nomor.

Tak lupa, kamu juga dapat memasukkan simbol seperti titik atau tanda seru. Perlu diingat, saat melakukan kombinasi ini, jangan ulangi huruf, nomor, dan simbol terlalu berdekatan.

Mengambil contoh sebelumnya, 'kucsusman', kamu dapat menambahkan sejumlah simbol, seperti 'kuc2u2M4n'. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.