Sukses

Fitur Ini Mungkinkan Pengguna Jajal Dulu Aplikasi di Play Store

Melalui fitur anyar ini, pengguna Android dapat lebih dulu menjajal aplikasi sebelum benar-benarnya memasangnya.

Liputan6.com, Singapura - Google baru saja mengumumkan kehadiran tombol Try Now di Play Store. Melalui fitur anyar ini, pengguna Android dapat lebih dulu menjajal aplikasi sebelum benar-benarnya memasangnya.

Raksasa internet tersebut memanfaatkan produk anyar bernama Instant Apps agar fitur ini dapat bekerja. Instant Apps sendiri telah diperkenalkan Google pada gelaran I/O tahun lalu dan baru benar-benar dilepas ke pengembang di tahun ini.

Menurut Director Regional Google Play, James Sanders, fitur Try Now merupakan salah satu upaya Google untuk meningkatkan keikusertaan pengguna di aplikasi. Karenanya, ia mengajak para developer yang berkumpul di Google Playtime 2017 Asia Tenggara ikut memanfaatkan fitur ini.

Regional Director Google Play Asia Pacific, James Sanders saat gelaran Google Playtime di Singapura, Kamis (2/11/2017) kemarin. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Senada dengan Sanders, Global Head of Games Merchandising Google Play, Kami LeMonds, mengatakan melalui fitur ini developer dapat langsung menawarkan konten yang dibutuhkan oleh pengguna tanpa mengurangi pengalaman saat memakai sebuah aplikasi.

"Dengan tombol Try Now, pengguna dapat langsung masuk dalam konten tanpa perlu memasang aplikasinya terlebih dulu," tuturnya saat gelaran Google Playtime 2017 di Singapura baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara kerja fitur Try Now

Lantas, seperti apa cara kerja dari fitur ini? Business Development Google Play Apps & Games Asia Tenggara dan Selandia Baru, David Yin menuturkan, fitur ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan (cloud).

Android Instant Apps. (Doc: XDA Developers)

"Jadi, pengembang akan membuat sebuah APK (Android Package Kit) yang diunggah ke cloud dan dibagi menjadi bagian-bagian terpisah. Nantinya, fitur ini akan meluncur dari partisi tersebut," ujarnya. Adapun format Instant Apps akan berjalan sebagai sebuah web seluler.

Kendati demikian, ia memastikan pengguna tak akan merasakan perbedaan pengalaman memakai fitur ini dengan aplikasi sebenarnya. Akan tetapi, ketika pengguna memang ingin memasang aplikasi, ia dapat langung memasangnya di perangkat.

"Saat ini, sudah ada sekitar 50 aplikasi global yang memanfaatkan fitur Try Now dan tersebar di beberapa produk vertikal," ujarnya. Kemampuan fitur ini juga telah mendukung sebagian besar perangkat Android yang menggunakan Google Play Services.

Bersamaan dengan gelaran Playtime 2017 untuk wilayah Asia Tenggara, Google juga mengumumkan sejumlah fitur anyar di Play Store. Beragam fitur tersebut hadir untuk mendukung pertumbuhan developer di wilayah ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.