Sukses

Sempat Tumbang di Sejumlah Negara, WhatsApp Kembali Normal

Sejumlah pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp secara normal.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar pukul 15.30 WIB, aplikasi pesan singkat WhatsApp down alias tumbang, sehingga tidak bisa digunakan untuk berkirim atau menerima pesan. Namun, tumbangnya aplikasi milik Facebook tersebut tak berlangsung lama.

Sekitar pukul 16.10, WhatsApp berangsur pulih. Sejumlah pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut secara normal.

Sebelumnya, masalah utama yang dikeluhkan pengguna WhatsApp adalah masalah koneksi (52 persen), kesulitan mengirim dan menerima pesan (41 persen), hingga sulit melakukan login (5 persen).

Berdasarkan peta live outage milik Down Detector, beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan WhatsApp di antaranya adalah Eropa, terutama Inggris, Belanda, Belgia, Luxemburg, Swiss, Prancis, Jerman, Ceko, Spanyol, Italia, dan Turki.

Selain itu, tumbangnya layanan WhatsApp juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti India, sebagian Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Tumbang

Laporan dari banyak pengguna WhatsApp yang diunggah pada Down Detector juga mengungkap kota-kota yang terdampak tumbangnya layanan pesan milik Facebook tersebut.

"Tumbang di Qatar," tulis pengguna bernama Fatma di Qatar.

Demikian juga dengan pengguna di Norwegia, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, hingga Indonesia.

"WhatsApp tumbang di Indonesia, kenapa? Apakah ada masalah dengan server-nya?" tutur pengguna bernama Unchoe Justitia Muhardiman beberapa menit lalu.

Saat dicoba, layanan WhatsApp memang tidak bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima pesan. Sementara, ikon koneksi pun terus berputar.

 

3 dari 3 halaman

Warganet Mengeluh

Banyak pengguna mengeluhkan tumbangnya WhatsApp di media sosial, termasuk Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (3/11/2017), kicauan warganet mengenai layanan WhatsApp yang tumbang menghiasi lini masa Twitter. Hal ini diduga terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

Berikut beberapa keluhan warganet di Twitter:

"Why isn’t my whatsapp connecting? Dari tadi dah," tulis pengguna dengan akun @missrushdi.

"Force stopped whatsapp, cleared data, restarted my phone, uninstalled and reinstalled whatsapp and then found out it was down," kicau pengguna lain dengan akun @SmitKiri.

"Ummm whatsapp making me wanna throw my phone. #WhatsAppDown," kicau @RLD_diramos.

"#WhatsApp is down. Singaporeans will no longer be able to communicate. Please do not panic. Helicopters have been dispatched. #WhatsAppDown," kicau @mrbrown.

 (Isk/Tin/Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.