Sukses

Tiongkok Blokir Koneksi Internet Apple Watch 3

Apple Watch 3 merupakan jam tangan pintar yang bisa terhubung ke internet, tapi Tiongkok memblokir layanan internet untuk perangkat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Koneksi internet jadi fitur paling penting untuk Apple Watch generasi ketiga. Sayangnya, pemerintah Tiongkok justru memutuskan untuk memblokir koneksi internet demi jam pintar terbaru Apple itu.

Seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/10/2017), saat ini sudah tidak ada operator seluler yang menawarkan layanan internet untuk Apple Watch 3.

Dilaporkan The Wall Street Journal, mulanya operator milik pemerintah China Unicom menawarkan layanan LTE untuk jam pintar itu. Namun, pada 28 September, China Unicom menghentikan layanan tersebut.

Salah satu alasan China Unicom menyetop layanan internet lantaran Apple menggunakan kartu SIM baru pada Apple Watch bernama eSIM, yang disematkan langsung di perangkat oleh Apple.

Analis menduga, penghentian layanan ini karena kekhawatiran pemerintah Tiongkok terkait masalah keamanan.

ArsTechnica melaporkan, Apple Watch 3 dipasangkan dengan iPhone untuk bisa terhubung internet. Sementara saat sedang tak terhubung ke iPhone, perangkat ini menggunakan eSIM untuk terhubung dengan layanan data.

Hingga kini, belum diketahui sampai kapan pemblokiran internet untuk Apple Watch akan diterapkan. Namun, bagi Apple, Tiongkok merupakan pasar penting.

Selain pemblokiran ini, sebelumnya perusahaan juga menghadapi masalah terkait perangkat dan layanan di Negara Tirai Bambu itu. Misalnya, Apple menutup layanan iBooks dan iTunes Movies di Tiongkok setelah mendapat tekanan dari pemerintah.

Sampai saat ini, tidak jelas apa yang akan dilakukan perusahaan untuk menenangkan kekhawatiran pengguna Apple Watch 3 atas masalah eSIM ini. Apalagi, Tiongkok disebut-sebut tidak memiliki rencana untuk mengatur penggunaan eSIM.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.