Sukses

Rahasia Kartu ATM yang Tak Banyak Orang Tahu

Berikut ini tiga rahasia seputar kartu ATM yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan kartu ATM untuk keperluan debet atau kredit kini telah menjadi hal lumrah. Hal itu bukannya tanpa alasan karena dengan dua kartu tersebut dapat memudahkan proses transaksi.

Terlebih, pemerintah saat ini sedang menggalakkan program Gerakan Nasional Non Tunai. Karenanya, fungsi dua kartu tersebut kini kian penting.

Namun tahukah kamu, ternyata ada informasi yang dapat diulas dari kartu ATM . Meski tak semua pengguna tahu, informasi ini sebenarnya dapat berguna dalam beberapa kondisi.

Lantas, informasi seperti apa yang dapat diketahui dari kartu debet atau kredit? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Arti nomor di depan kartu

Hampir seluruh kartu ATM, baik debet atau kredit, memiliki 16 digit angka di depannya, tapi ada pula yang menggunakan 13 atau 19 digit. Namun apakah arti dari angka-angka tersebut?

Digit pertama dari nomor merupakan sistem identifikasi. Jadi, angka pertama untuk kartu berlogo Visa biasanya memakai angka 4, sedangkan kartu berlogo MasterCard dimulai dari 5.

Lalu 5 digit berikutnya merupakan nomor bank penerbit kartu tersebut. Terakhir, 9 digit berikutnya merupakan cara bank untuk mengidentifikasi pemilik kartu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dilindungi Watermark

Sama seperti uang, kartu kredit atau debet juga dibekali dengan watermark. Untuk dapat melihatnya, tentu diperlukan sinar ultraviolet.

Watermark yang digunakan tiap kartu pun berbeda tergantung penyedia. Sebagai contoh, pada kartu Visa, logo yang terlihata adalah huruf V, kartu MasterCard ada huruf M dan C, sedangkan di kartu American Express ada logo seekor elang.

3 dari 3 halaman

3. Nomor di bagian belakang kartu

Meski terlihat biasa, nomor yang terletak bagian belakang kartu harus dijaga kerahasiannya. Sebab, fungsinya hampir serupa dengan PIN.

Nomor yang dikenal sebagai CVV (untuk kartu Visa) dan kode CVC (untuk MasterCard), merupakan singkatan dari Card Verification. Sesuai namanya, angka ini digunakan untuk memverifikasi kartu pengguna.

Melalui CVV, pengguna dapat melakukan transaksi tanpa memakai kartu sebenarnya. Karena itu, nomor ini biasanya menjadi syarat untuk melakukan transaksi online.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.