Kamera Smartphone Bakal Matikan Pasar Kamera DSLR?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 28 Sep 2017, 15:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2017, 15:00 WIB
Ilustrasi smartphone dengan dual-camera. Dok: gadgetmatch.com
Perbesar
Ilustrasi smartphone dengan dual-camera. Dok: gadgetmatch.com

Liputan6.com, Pasuruan - Kamera smartphone kini makin canggih dengan berbagai pembaruan teknologi, salah satunya kamera ganda. Bahkan beberapa vendor smartphone mengklaim kamera smartphone mereka mampu menghasilkan gambar layaknya jepretan kamera digital single-lens reflex (DSLR).

Namun hal ini ditepis oleh Canon Division Director pt Datascrip Merry Harun sebagai distributor produk Canon di Indonesia. Menurutnya, kamera smartphone tetap tidak sebanding dengan kemampuan kamera DSLR.

"Kalau secara teknik sepertinya hal itu tidak mungkin, karena kalau untuk mengambil gambar yang bagus, kita tidak bisa berbicara masalah lensa saja. Ada juga prosesor dan fitur pendukung lainnya," kata Merry di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (28/9/2017).

Dia menambahkan, banyak unsur pada kamera DSLR yang tidak ada pada sebuah smartphone, yang berkamera bagus sekali pun.

Namun, ia tidak memungkiri, kemajuan teknologi kamera smartphone bisa sedikit mempengaruhi penjualan kamera, terutama pada segmen kamera low end. Artinya, kamera DSLR tetap tidak terpengaruh atas kamera smartphone.

"Dampaknya lebih pada kamera segmen bawah saja. Jadi kamera-kamera yang dulu kita jual Rp 1 jutaan itu sangat terkena dampaknya," jelas Merry.

Adapun kamera smartphone, menurut Merry, mungkin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang gemar mengunggah berbagai hal ke media sosial. Namun tidak akan cukup bagi pengguna profesional seperti fotografer atau pehobi foto.

Contoh nyatanya, kata Merry, video blogger atau vlogger yang memiliki banyak follower tinggi tidak ada yang memakai kamera smartphone.

"Mereka butuh kamera dengan kemampuan lebih agar bisa menghasilkan video yang bagus sekaligus kualitas suara yang baik," kata Merry.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini