Sukses

Aplikasi Google Search Versi Ringan Tengah Diuji Coba

Google kian serius menggarap pasar negara berkembang, hal ini ditunjukkan dengan uji coba aplikasi terbaru untuk perangkat Android Lite.

Liputan6.com, Jakarta - Google kian serius menggarap pasar negara berkembang. Hal itu ditunjukkan dari laporan terbaru yang menyebut perusahaan tengah melakukan uji coba aplikasi terbaru untuk perangkat Android.

Dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (19/8/2017), aplikasi anyar yang dimaksud adalah Google Search versi ringan (Lite). Maksudnya, aplikasi ini mampu menghemat konsumsi data, baik dari sisi kuota internet maupun penyimpanan di perangkat.

Meski memiliki performa yang lebih ringan, aplikasi ini tetap mampu menjalankan sejumlah fungsi umum yang hadir pada versi standar. Beberapa fungsi yang tersedia di aplikasi ini adalah weather, translate, dan news. Aplikasi ini juga telah mendukung perintah suara.

Sama seperti aplikasi Google Search versi biasa, aplikasi ini juga memiliki peramban yang dapat digunakan untuk membuka situs eksternal. Mengingat hadir sebagai aplikasi yang ramah data, hampir dapat dipastikan seluruh fungsi itu tak akan menghabiskan banyak kuota internet.

Sayangnya, Google enggan memberi tanggapan terkait keberadaan aplikasi. Kendati demikian, laporan Android Police menyebut sejumlah pengguna yang terdaftar di Indonesia sudah dapat mencoba aplikasi ini.

Sebagai informasi, Google memang tengah menggeber pasar negara berkembang dengan aplikasi ramah konsumsi data. Hal ini dilakukan mengingat akses internet di beberapa wilayah tersebut belum stabil dan cepat.

Sebelumnya, raksasa mesin pencari itu meluncurkan aplikasi YouTube Go untuk pengguna di India. Saat gelaran Google I/O 2017, Google juga memperkenalkan Android Go.

Menurut Sameer Samat, VP Product Management Android, Android Go adalah versi ‘ringan’ dari Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android dengan harga terjangkau. Konsep ini mirip dengan Android One yang telah diperkenalkan lebih dulu.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.