Komitmen Telkomsel Memerdekakan Internet di Wilayah Perbatasan

Oleh Corry Anestia pada 16 Agu 2017, 19:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2017, 19:00 WIB
BTS Telkomsel
Perbesar
Salah satu BTS Telkomsel di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. (Doc: Telkomsel)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menyatakan komitmennya untuk membangun infrastruktur jaringan di wilayah perbatasan Indonesia. Hal ini dalam rangka menegakkan kedaulatan Republik Indonesia serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam keterangan resmi, Rabu (16/8/2017), Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan pembangunan jaringan secara berkesinambungan sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk mempersatukan negeri.

"Pembangunan jaringan telekomunikasi yang menjangkau setiap jengkal wilayah Tanah Air kami lakukan untuk memerdekakan seluruh masyarakat Indonesia dari keterisolasian komunikasi," ujar Ririek.

Sepanjang tahun ini, Telkomsel tercatat telah membangun lebih dari 120 base transceiver station (BTS) 3G dan 4G di sejumlah area yang berbatasan langsung dengan tujuh negara tetangga. Dengan demikian, kini total BTS yang telah beroperasi di berbagai wilayah perbatasan Indonesia mencapai 753 unit.

Rinciannya, 17 BTS berlokasi di Batam dan Bintan yang berbatasan langsung dengan Singapura, 276 BTS berbatasan dengan Malaysia di Dumai, Rokan, Bintan, Karimun, Anambas, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera bagian Utara, dan Rokan Hilir.

Kemudian, sebanyak 70 BTS di Natuna dan Anambas berbatasan dengan Vietnam, 210 BTS di Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan Timor Leste, 66 BTS di Pulau Rote dan Maluku berbatasan dengan Australia, 70 BTS di Sulawesi Utara berbatasan dengan Filipina, serta 44 BTS di Papua bagian Timur berbatasan dengan Papua Nugini.

Menurut Ririek, 240 BTS dari total BTS perbatasan dibangun di lokasi-lokasi yang sebelumnya tak terjamah akses telekomunikasi. Adapun, pembangunan ini juga ada yang bekerja sama dengan pemerintah setempat.

"Kehadiran jaringan yang tersebar hingga ke pelosok negeri dapat membuka kesempatan baru dan mendorong dampak sosial ekonomi yang positif," tambah Ririek.

Secara nasional, Telkomsel telah membangun lebih dari 146.000 BTS yang menjangkau populasi di seluruh Indonesia. Dari total tersebut, lebih dari 96.000 BTS adalah BTS 4G dan 3G.

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya