Mau "Notebook" yang Praktis Dibawa? Ini Pilihannya Buat Kamu

Oleh Cahyu pada 16 Agu 2017, 09:39 WIB
Diperbarui 16 Agu 2017, 09:39 WIB
ASUS menghadirkan enam buah notebook baru dengan tema "Less is the New Luxury".
Perbesar
ASUS menghadirkan enam buah notebook baru dengan tema "Less is the New Luxury".

Liputan6.com, Jakarta Tak selalu yang berlebih itu bagus. Bahkan, terkadang yang berlebihan itu malah merepotkan dan belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. Justru, sering kali keinginan dan kebutuhan kita dapat dipenuhi oleh sesuatu yang lebih sederhana dan simpel.

Begitu juga dengan laptop. Bagi orang dengan mobilitas tinggi, tentu mereka membutuhkan notebook yang lebih ringan dan lebih compact sehingga mudah dibawa ke mana-mana, dibandingkan dengan laptop yang canggih tapi besar dan berat. Karena itu, kini ASUS menghadirkan enam buah notebook baru dengan tema "Less is the New Luxury".

Melihat kebutuhan masyarakat zaman sekarang yang sering bergerak ke mana-mana, keenam notebook dari ASUS tersebut lebih ringan, lebih tipis, dan lebih compact daripada notebook lainnya. Namun, mereka tetap tidak mengabaikan keindahan desain dan keunggulan performa.

"Tema "Less is the New Luxury" adalah rangkuman dari tiga gagasan utama kami, yaitu notebook stylish berpadu dengan dimensi yang ringan, dan ultrabook yang memiliki bezel layar sangat tipis. Semuanya tetap dirancang dengan performa yang luar biasa," ujar Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia, di acara launching ASUS "The Edge of Beyond", di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Salah satu notebook yang diluncurkan oleh ASUS adalah ZenBook Flip S UX370A. Notebook ini digadang menjadi laptop konvertibel tertipis dan paling ringan di dunia. Ketebalannya hanya 10,9 milimeter dan beratnya 1,1 kg.

Notebook tersebut juga memiliki fungsi 2 in 1. Layarnya mampu dilipat hingga 360┬░ sehingga dapat berfungsi sebagai tablet pula. Terlebih lagi, layar sentuhnya telah dilengkapi sensitivitas dua kali lebih baik dan teknologi cornilla glass yang dapat melindungi display-nya dari goresan benda tajam. Selain itu, ZenBook Flip S UX370A memiliki fasilitas-fasilitas yang memudahkan pengguna dengan mobilitas tinggi.

"Aku suka ZenBook Flip S UX370A karena desainnya yang ringan dan tipis. Apalagi baterainya dapat bertahan hingga 11,5 jam dan dilengkapi teknologi fast charging, daya dapat terisi hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit. Sangat cocok untuk aku yang suka berpetualang ke mana-mana," ucap salah satu Brand Ambassador ASUS, Nadine Chandrawinata.
ASUS menghadirkan enam buah notebook baru dengan tema "Less is the New Luxury".
Tipe notebook lain yang diluncurkan oleh ASUS adalah VivoBook S S510. Keunikan dari notebook ini ialah meski layarnya berukuran 15 inci, tetapi bentang chassis-nya berukuran seperti notebook 14 inci, sehingga tetap mudah dibawa ke mana-mana. Desainnya pun tipis dan ringan dengan tingkat ketebalan 1,79 cm dan bobot 1,7 kg.

Kelebihan lain dari VivoBook S S510 adalah memiliki dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD, selain bawaan RAM berukuran 4GB DDR4 berkecepatan 2133 MH. Menurut Benjamin, penggabungan antara SSD dan HDD akan menghasilkan perangkat yang gesit untuk membuka maupun menutup aplikasi hingga multitasking, sekaligus mampu menampung banyak program di dalamnya.

"Anda akan merasakan peningkatan dalam kecepatan baca dan tulis yang drastis, kinerja secara keseluruhan, waktu boot-up, dan data yang lebih aman saat disimpan di SSD. Adapun untuk data yang lebih besar, bisa disimpan d HDD berkapasitas 1TB yang sangat lega," kata dia.

ASUS kini kembali mengeluarkan notebook gaming terbaru, yaitu ROG Zephyrus GX501. Demi mendukung hobi para gamers, piranti ini memiliki prosesor Intel generasi ke-7, Core i7-7700HQ disertai kartu grafis Nvidia Max-Q GTX 1080, yang di-setting untuk memainkan games level AAA pada grafis 4K.

Salah satu hal yang biasa terjadi saat notebook dipakai untuk bermain games adalah mudah panas. Untuk mengantisipasi hal ini, ROG Zephyrus GX501 pun dilengkapi teknologi ROG Active Aerodinamic System (AAS). Fasilitas ini dapat meredam panas 20 persen lebih baik. Walaupun begitu, alat pendingin ini dibuat dari bahan alumunium yang menggunakan metode de-cast sehingga bobotnya tipis dan tidak bising.

Ketiga notebook lain yang diluncurkan ASUS adalah Zenbook 3 Deluxe UX490, Zenbook Pro UX550, dan ASUS VivoBook Pro N580. Semua produk ini tetap mengusung desain yang tipis dan ringan, namun tetap mengutamakan performa.

Jika Anda ingin membeli notebook terbaru dari ASUS tersebut, Anda bisa membeli dengan harga Rp 25.299.000 untuk tipe Zenbook Flip S, Rp 9.799.000 untuk VivoBook S 510, dan Rp 50.299.000 untuk ROG Zephyrus GX501. Sementara itu, tipe Zenbook 3 Deluxe UX490, Zenbook Pro UX550, dan ASUS VivoBook Pro N580 dijual dengan harga Rp 25.299.000, Rp 26.299.000, dan Rp 15.299.000.