Sukses

Pasar Tablet Lesu, Samsung Kok Rilis Tablet Mahal di Indonesia?

Meski pasar tablet dunia sedang dilaporkan menurun ketimbang smartphone, Samsung masih pantang mundur dari bisnis ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar tablet dunia dilaporkan telah mengalami penurunan dibanding smartphone. Meski begitu, hal itu tak dipandang Samsung sebagai waktu yang tepat untuk mundur dari bisnis tablet. Alih-alih menghentikan penjualan tablet, perusahaan Korea Selatan itu malah merilis tablet premium Galaxy Tab S3 with S Pen ke pasar Indonesia yang dibanderol Rp 9,9 jutaan.

IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia Denny Galant tak memungkiri pasar tablet dunia memang mengalami penurunan. Namun Samsung tak melihatnya seperti itu.

"Pasar tablet secara keseluruhan memang turun tapi khususnya Samsung tidak melihat seperti itu, sebab Samsung tidak melihat satu-satu perangkat, tapi perangkat merupakan bagian dari ekosistem Samsung," kata Denny.

Ia menjelaskan yang dimaksud tablet sebagai bagian dari ekosistem. Menurut Denny, tablet tak bisa menggantikan perangkat lain. Demikian juga dengan perangkat lain seperti smartphone yang akan menggantikan tablet.

"Ada momen pengguna membutuhkan tablet dan keyboard nirkabel untuk produktivitas dan hiburan, tapi ada momen pengguna membutuhkan smartphone," tutur Denny.

Oleh karena itu, perusahaan pun masih menghadirkan produk tablet terbaru di Tanah Air. Meski pasar tablet mengalami penurunan, Denny mengatakan, respon konsumen atas Galaxy Tab S3 with S Pen tetap bagus.

Sekadar informasi, tablet Galaxy Tab S3 with S Pen sebenarnya sudah dijual sejak akhir Juni. "Respon (konsumen) cukup baik, sebab (Galaxy Tab S3 with S Pen) memang menjawab apa yang dicari konsumen. Intinya, memang ada pelanggan yang butuh tablet ini," ujar Denny.

Sekadar diketahui, saat vendor lain membatasi tablet dan menggenjot penjualan smartphone, Samsung masih memiliki beberapa seri tablet yang dipasarkan di Indonesia. Misalnya saja di seri flagship ada Galaxy Tab S with S Pen, kemudian ada Galaxy Tab A, dan Galaxy Tab Lite yang dijual pada harga Rp 1-2 jutaan.

"Jadi Samsung berusaha menghadirkan tablet di semua segmen, karena di semua segmen ada kebutuhan pengguna," kata Denny.

Sekadar informasi, Tablet Galaxy Tab S3 with S Pen dirilis oleh Samsung pada ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, Februari lalu. Namun di Indonesia, tablet kelas premium ini malah baru diluncurkan secara resmi awal Agustus 2017.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.