Sukses

Tak Cuma Smartphone, Erajaya Fokus Pasarkan Perangkat IoT

Menurut Erajaya, perangkat IoT akan menjadi gadget di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Distributor sekaligus retailer gadget, PT Erajaya Swasembada Tbk tak akan hanya fokus menghadirkan smartphone terbaru dari berbagai merek. Sejak 2016, Erajaya juga mulai menghadirkan beragam perangkat Internet of Things (IoT).

"Erajaya sekarang punya 700 outlet dari Erafone, iBox, outlet Samsung, Mi Store, dan yang terbaru Urban Republic. Nah, Urban Republic tidak hanya jual device tetapi juga aksesoris dan perangkat IoT," kata Direktur Marketing & Communication Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo, ditemui di acara Halalbihalal Erajaya, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Menurut Djatmiko, penjualan aksesori dan perangkat IoT di Urban Republic lebih banyak ketimbang di outlet-outlet milik Erajaya. "Di outlet Erajaya, kami lebih banyak menjual smartphone," tambahnya.

Meski kini telah memiliki empat outlet Urban Republic di Jabodetabek, ia mengklaim antusiasme masyarakat terhadap Urban Republic cukup baik. Karena ini pula, Erajaya berencana untuk menambah outlet Urban Republic lagi.

Lantas, apa alasan Erajaya mulai fokus ke penjualan perangkat IoT? Djatmiko menjelaskan, saat ini aksesori pada smartphone sudah menjadi gaya hidup baru untuk pengguna di Indonesia. "Ini yang mendasari kehadiran Urban Republic," ucapnya.

Selain menghadirkan Urban Republic, Erajaya juga membentuk divisi baru yang fokus pada penjualan perangkat IoT. Divisi ini tidak hanya menjual perangkat IoT, tetapi juga menyosialisasikan perangkat IoT agar adopsinya bisa makin banyak di Indonesia.

Sama dengan saat memperkenalkan Android, Erajaya kali ini juga memulai memperkenalkan produk-produk IoT yang menurut Djatmiko, 5-10 tahun lagi adopsi perangkat IoT akan makin luas.

"Pada Juli 2012, saat Android masih awal adopsi, kami mempelopori kehadiran toko Android Nation dengan visi memperkenalkan Android. Kini dengan langkah yang sama, kami memperkenalkan produk IoT yang diprediksi akan makin dikenal pada 5-10 tahun mendatang," tuturnya.

Sementara itu, Head of Gadget Accessories and IoT PT Erajaya Swasembada Gabriela Halim menambahkan, guna memperkuat bisnis aksesori dan perangkat IoT, Erajaya bermitra dengan banyak vendor.

Misalnya, produsen drone Tiongkok DJI yang bulan lalu merilis DJI Spark, produsen smartwatch Garmin, dan yang akan datang adalah GoPro sebagai pionir produk action cam. Erajaya juga akan memboyong sejumlah perangkat IoT dari Xiaomi, seperti cattle atau rice cooker pintar.

"Perangkat IoT akan jadi future gadget nantinya. Karenanya, Erajaya juga akan lebih fokus di aksesoris dan IoT dengan hadirnya Urban Republic," katanya.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.