Sukses

Baidu Gandeng Microsoft Perkuat Pengembangan Mobil Otonomos

Lewat kerja sama ini, Baidu akan menggunakan platform Azure dari Microsoft

Liputan6.com, Jakarta - Baidu dilaporkan terus memperluas kerja sama untuk mendukung pengembangan mobil otonomosnya. Terkini, perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan kerja sama dengan Microsoft.

Melalui kerja sama ini, Microsoft akan menyokong pengembangan proyek Apollo milik Baidu dengan layanan Azure. Maksudnya, Microsoft akan menawarkan layanan Azure untuk pelanggan di luar Tiongkok yang ingin mengadopsi Apollo.

Sebagai informasi, proyek Apollo merupakan platform terbuka yang dibesut Baidu dalam pengembangan mobil otonomos. Saat ini, sudah ada sekitar 50 rekanan bergabung dalam proyek yang digagas pada April 2017 ini.

Dikutip dari CNET, Kamis (20/7/2017), Microsoft menyebut kerja sama ini dapat meningkatkan fitur keamanan dalam mobil otonomis. Sebab, pemanfaatan kecerdasan buatan berbasis komputasi awan didorong machine learning dapat mempercepat proses pembelajaran.

Baidu sebenarnya bukan satu-satunya perusahaan Tiongkok yang terjun dalam pengembangan mobil otonomos. Namun perusahaan yang kerap dipanggil sebagai Google Tiongkok ini diakui sebagai perusahaan yang berperan penting dalam sektor ini.

Selain Microsoft, Baidu sebelumnya juga telah bekerja sama dengan TomTom NV dalam menggarap peta digital untuk teknologi mobil otonomos. Tomtom sendiri adalah perusahaan asal Belanda yang dikenal sebagai pembuat perangkat lunak navigasi untuk mobil.

Sebelumnya, Baidu juga menjalin kolaborasi dengan NVIDIA untuk pengembangan kecerdasan buatan di mobil otonomos. Perusahaan akan mengadopsi Drive PX untuk proyek mobil otonomosnya yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif dari negeri Tirai Bambu itu.

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.