Sukses

Pemasukan Gim Mobile Lampaui PC dan Konsol untuk Pertama Kalinya

Pemasukan gim mobile untuk pertama kalinya melampaui pemasukan gim PC dan konsol.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini dua per tiga dari populasi penduduk dunia sudah memiliki ponsel. Laporan terkini menyebutkan pengguna ponsel rela menghabiskan sejumlah uang untuk gim.

Mengutip laporan DFC Intelligence via Venture Beat, Jumat (14/7/2017), pemasukan gim mobile untuk pertama kalinya pada tahun 2016 melampaui pemasukan gim PC dan konsol.

Pasar gim mobile pada tahun 2016 mengalami pertumbuhan 32 persen dengan angka US$ 38 miliar. Angka ini diprediksi akan kembali meningkat hingga US$ 65 miliar pada 2020.

Sementara itu, pemain besar gim mobile di Tiongkok, Tencent dan NetEase, juga berhasil meningkatkan pemasukan mereka hingga dua kali lipat. Menariknya, meski NetEase menyalip Tencent sebagai penerbit gim nomor satu di sana, Tencent masih menjadi penerbit terbesar di dunia dan bermain dua kaki, tidak hanya di gim mobile, tetapi juga di gim PC.

Laporan terakhir menyebut keuntungan Tencent tumbuh 58 persen pada kuartal pertama tahun 2017 dan saat ini, valuasi perusahaan mencapai US$ 361 miliar.

Adapun pemasukan di gim mobile antara lain berasal dari dua cara: yakni pembelian gim premium berbayar dan pembelian di dalam gim (in-app-purchase) seperti membeli item, karakter, stage, dan semacamnya.

Tonton video menarik berikut ini:

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.