Sukses

Google Gelontorkan Rp 10 Miliar untuk Ciptakan Robot Jurnalis

Ada sejumlah pekerjaan manusia yang kelak digantikan oleh robot dan jurnalis menjadi salah satunya.

Liputan6.com, Mountain View - Ada sejumlah pekerjaan manusia yang kelak digantikan oleh robot dan jurnalis menjadi salah satunya. Ke depannya, pekerjaan jurnalis bisa saja digantikan oleh robot. Meski belum jelas, setidaknya teknologi ini sudah lebih dulu digagas Google.

Google belum lama ini dikabarkan tengah mengembangkan proyek besar yang akan bergerak di bidang robotika untuk jurnalis. Sebagai langkah awal, raksasa teknologi Negeri Paman Sam itu menyiapkan dana sebesar 706.000 Euro (setara dengan Rp 10 miliar) untuk menciptakan kecerdasan buatan yang setara dengan kemampuan jurnalis manusia saat bekerja.

Menurut informasi yang dilansir dari Ubergizmo, Selasa (11/7/2017), perusahaan bermarkas di Mountain View, AS tersebut juga mengajak sejumlah agen media di sejumlah negara untuk menyediakan lahan bagi para robot yang diciptakan kelak.

Tak tanggung-tanggung, robot jurnalis ini nantinya diprediksi bisa menulis sekitar 30.000 ribu artikel untuk koran lokal.

Meski robot bisa dipekerjakan sebagai jurnalis, pimpinan redaksi dari UK Press Association, Peter Clifton mengaku jurnalis manusia masih tetap akan diprioritaskan. Menurutnya, jurnalis manusia lebih baik dalam mengerjakan proses penulisan artikel, mengingat mereka menggunakan pikiran.

"Robot memang menggunakan kecerdasan buatan saat menulis, tetapi tugas mereka cenderung berfungsi untuk mengecek akurasi isu, tata bahasa, serta hal teknis lain yang mungkin saja dilupakan manusia," ujar Clifton.

Google belum mengungkap kapan program ini akan dijalankan. Yang pasti, robot jurnalis tidak akan menggantikan posisi manusia seutuhnya. "Mereka hanya berperan sebagai instrumen pendukung, sisanya tetap manusia yang bekerja," pungkasnya.

(Jek/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.