Sukses

Kreatif, Foto Bulan dan Jupiter Dibidik dengan Kamera Game Boy

Seorang pria mengambil foto Jupiter dan Bulan dengan kamera Nintendo Game Boy, seperti apa hasilnya?

Liputan6.com, California - Astronomi adalah salah satu tema menarik dalam fotografi. Tak ayal, para fotografer berlomba-lomba menggunakan perangkat kamera tercanggih mereka untuk mengabadikan pemandangan di luar angkasa.

Di saat banyak foto luar angkasa tampil dengan resolusi super tajam berkat kamera canggih, lain halnya dengan pria satu ini.

Pria bernama Alexander Pietrow tersebut, belum lama ini mengunggah foto terbarunya yang membidik Bulan dan Planet Jupiter. Uniknya, ia mengabadikan kedua objek luar angkasa itu hanya dengan sebuah kamera Game Boy.

Bagi kamu yang kurang familiar, kamera Game Boy adalah salah satu aksesori yang dirilis bersamaan dengan konsol handheld Nintendo  Game Boy pada 1998 silam. Dilansir Ubergizmo, Kamis (6/7/2017), kamera mengusung konfigurasi 2-bit dengan sensor CMOS 128x112.

Pietrow mengaku, ia tak menyangka bisa mengambil foto objek luar angkasa dengan kamera mainan sekelas Game Boy. Karena itu, ia memanfaatkan internet sebagai salah satu media utamanya sebagai panduan mengambil foto Bulan dan Jupiter.

"Saya belajar caranya dari internet dan belum pernah ada yang melakukan ini. Hasil fotonya memang tidak sebaik yang lain. Namun, setidaknya foto ini ada ciri khas tersendiri," kata Pietrow.

Untuk bisa menangkap Bulan dan Jupiter, Pietrow menempelkan kameranya itu dengan teleskop Fraunhofer 1838 (6 inci) di Observatorium Leiden. Hasilnya memang seperti yang diungkap Pietrow, tidak sempurna.

Jadi, jangan bandingkan hasil tangkapan Pietrow dengan hasil foto bidikan kamera profesional. Yang menarik, pikselasi dari foto Bulan dan Jupiter benar-benar khas ala Game Boy. Dengan begitu, objek-objek yang muncul seolah tampak seperti tempat di video gim jadul.

Jika kamu penasaran dengan hasil foto Pietrow, bisa langsung beranjak ke tautan berikut ini.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.