Sukses

Tertarik Pasang Endless OS, Simak Spesifikasinya di Sini

Berikut ini adalah spesifikasi minimal yang kamu perlukan untuk memasang Endless OS di perangkatmu

Liputan6.com, Jakarta - Endless OS adalah sistem operasi terbaru yang baru saja rilis resmi di Indonesia. Sistem operasi yang diunduh secara gratis di ini memiliki beragam aplikasi bawaan dan dapat bekerja optimal, meski saat tak terhubung dengan internet. 

Jadi, saat pengguna terhubung internet, aplikasi tersebut akan memperbarui konten. Saat tak sedang terhubung internet, pengguna masih dapat melihat konten yang sudah diunduh lebih dulu.

Lantas, bagi kamu yang penasaran dan ingin menjajal sistem operasi ini, apa saja syarat yang dibutuhkan? Menurut CEO dan pendiri Endless Computers, Matt Dalio, sistem operasi ini dapat kompatibel dengan perangkat yang rilis dalam lima tahun terakhir. 

"Kami sudah menghabiskan waktu 5 tahun untuk mengembangkan Endless OS dan mencobanya di beragam laptop termasuk PC desktop," ujarnya saat peluncuran Endless OS di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Untuk prosesor, Endless OS sudah kompatibel dengan platform 64-bit dari Intel. Sementara minimal RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi ini adalah 1GB.

Sistem operasi ini setidaknya menghabiskan memori 32GB untuk versi penuh, sedangkan versi dasarnya membutuhkan sekitar 16GB. Namun sebagai rekomendasi, tak ada salahnya memiliki memori yang lebih besar.

Urusan kartu grafis, Endless OS sudah dapat berjalan dengan kartu terintegrasi dari Intel. Begitu juga dengan konektivitas nirkabel, sistem operasi ini dapat bekerja dengan baik untuk Atheros, Broadcom, dan Realtek.

Tak hanya itu, sistem operasi juga sudah mendukung dengan platform gim PC kenamaan Steam. Karenanya, pengguna dapat memainkan sejumlah gim populer dan dapat diunduh secara gratis dari platform milik Valve tersebut.

"Secara teori, pengguna dapat memainkan seluruh gim di Steam yang kompatibel dengan Linux," ujarnya menjelaskan. Meski sudah hadir dengan aplikasi bawaan, pengguna juga dapat masih dapat mengunduh aplikasi lain di App Center.

Matt menuturkan, dalam waktu dekat Endless berencana untuk terus menambah aplikasi yang tersedia di App Center. Ia mengatakan, setidaknya ada 56 aplikasi yang siap diunduh dalam kurun waktu 1 bulan ke depan, termasuk konten dalam bahasa Indonesia.

Endless OS juga menawarkan tampilan antarmuka yang intuitif serupa dengan smartphone. Hal lain yang juga penting adalah sistem operasi ini diklaim bebas dari ancaman keamanan yang menyerang kebanyakan sistem lain.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.