5 Fitur Tersembunyi di iOS 11 yang Layak Kamu Ketahui

Oleh Yuslianson pada 03 Jul 2017, 20:00 WIB
Diperbarui 15 Agu 2017, 11:10 WIB
iOS 11

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diumumkan pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2017 di San Jose, California, Amerika Serikat (AS), Apple resmi meluncurkan iOS 11 Public Beta 1 awal pekan in.

Di keynotes yang disampaikan pada ajang tahunan tersebut, Apple memperlihatkan komitmennya dalam menghadirkan inovasi pada augmented reality (AR), fitur baru di iPad dan Siri.

Namun dari berbagai informasi yang diungkap--cek di sini untuk peliputan WWDC 2017--Apple memamerkan fitur baru yang akan hadir di iOS 11. Beberapa fitur seperti perubahan di tab Control Center, pesan yang tersinkronisasi ke macOS, dan lainnya.

Selain beberapa fitur itu, ternyata masih ada sejumlah fitur yang tidak diungkap pada gelaran WWDC 2017. Apa saja? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Siri

Fitur Siri di iOS 11. (Doc: The Verge)

Kebanyakan pengguna pasti mengetahui bagaimana sulitnya berinteraksi dengan Siri. Entah ucapan tidak jelas atau pelafalan kalimat yang salah, acap kali membuat Siri bingung dan hasil yang diinginkan pun tak optimal.

Untuk mengatasinya, Apple menciptakan metode baru bagi pengguna yang ingin memanfaatkan asisten virtual tersebut, yaitu dengan mengetik. Dengan begini, pengguna dapat bertanya atau mencari informasi ke Siri secara lebih akurat.

Tonton video menarik berikut ini:

 
2 of 3

Screen Record dan Keyboard

2. Screen Record

Merekam tampilan layar tak lagi harus tersambung dengan PC. (Doc: BGR)

Lewat pembaruan di iOS 11, Apple ingin mempermudah pengguna ataupun developer untuk merekam layar mereka langsung di iOS. Sebelumnya, pengguna harus terlebih dahulu menyambungkan perangkat ke Mac dan menggunakan QuickTime.

3. Keyboard Satu Tangan

Fitur One Hand Keyboard bantu pengguna lebih nyaman mengetik di layar yang lapang. (Doc: 9to5Mac)

Tahun lalu, Microsoft memperkenalkan fitur keyboard satu tangan untuk iOS. Mengadopsi fitur yang diperkenalkan di aplikasi tersebut, Apple membuat versinya sendiri dan tampak cukup menarik.

Untuk menggunakan fitur ini di iOS 11, pengguna dapat mengatur letak keyboard di kanan atau kiri layar, sehingga membuatnya lebih mudah digunakan ketika mengetik satu tangan.

3 of 3

QR Code dan Auto-fill

4. Dukungan QR Code

Di iOS 11 bakal bisa scan QR code lebih mudah. (Doc: The Verge)

Saat iOS 11 meluncur dan terpasang di iPhone, seluruh pengguna Apple kini akan bisa memindai QR Code (kode QR) melalui kamera tanpa harus membuka atau memasang aplikasi pihak ketiga.

5. Fitur Password Auto-fill

Apple perkenalkan fiutr Password Auto-fill di iOS 11. (Doc: Tom's Guide)

Mengisi password di setiap aplikasi yang kamu gunakan di iOS memang cukup menyebalkan dan memakan waktu. Untuk mempermudah pengguna, Apple mendesain ulang iCloud Keychain agar dapat digunakan oleh aplikasi pihak ketiga.

Saat sudah menggunakan iOS 11, cari ikon kunci ketika kamu akan login ke dalam aplikasi.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by