Sukses

Ambisi Line Integrasikan Layanan Komunikasi Lewat Aplikasi

Line akan fokus pada tiga konsep bisnis utama, yakni "Everything Conneted", "Everything Videolized", dan "Everywhere AI".

Liputan6.com, Shibuya - Memasuk usianya ke-6 tahun, Line memiliki ambisi besar untuk mengintegrasikan seluruh layanan komunikasinya. Untuk itu, Line akan fokus pada tiga konsep bisnis utama, yakni "Everything Conneted", "Everything Videolized", dan "Everywhere AI".

"LINE akan menggunakan strong connection ke user untuk meluncurkan layanan dengan tiga konsep tersebut. Kami menyebutnya smart portal strategy karena memiliki ekosistem yang besar dan memberi layanan luas," ujar Line Corporation Representative Director & CEO, Takeshi Idezawa pada LINE Conference 2017 di Shibuya, Jepang, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, ketiga konsep tersebut merupakan perwujudan dari visi Line dalam lima tahun mendatang, yakni "Communication First". Oleh karena itu, Line akan memperkaya aplikasinya melalui layanan-layanan terbaru, seperti menambah kapasitas video streaming, sekaligus memperluas cakupan layanan kecerdasan buatan (AI).

Ia mencontohkan Line Messenger yang akan dibekali peningkatan fitur kamera. Nantinya, pengguna dapat mengaktifkan kamera pada fitur chat, serta menambah efek atau filter menggunakan face recognation. Kemudian, layanan Line Pay.

 

"Sekarang bukan cuma terkoneksi dengan orang. Tapi (manusia) juga terhubung dengan vending machine, beli tiket pesawat, dan lainnya," tutur Idezawa.

Pada konsep "Everything Connected", Line Corporation Senior Executive Officer & Head of Corporate Business Group, Shintaro Tabata mengatakan bahwa pengguna dapat terhubung dengan layanan pemerintahan.

"Line telah bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintahan, Shibuya, Fukoka dan Kumamoto dalam menggunakan aplikasi pesan Line untuk mengirimkan informasi tentang perlindungan anak-anak dan layanan pemerintahan," kata Tabata.

Kemudian, konsep "Everything Videolized" akan diwujudkan dalam bentuk aplikasi Line Live. Lewat aplikasi ini, pengguna Line bisa menyiarkan video live, di mana pengguna lain bisa berkomentar. Dan pada konsep terakhir, "Everwhere AI", Line menghadirkan aplikasi Clova yang terhubung dengan banyak konten dan layanan.

"Aplikasi ini akan selalu ada di kehidupan kita sehari-hari. Memberikan music experience, bisa menjadi sekretaris, teman, juga rekan bicara. Karena semua lini kehidupan akan terintegrasi pada Clova," ujar Line Corporation Director and CSMO, Jun Masuda.

(Rita Ayuningtyas/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.