Tim Cook Akui Apple Kembangkan Software untuk Mobil Otonomos

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 14 Jun 2017, 16:00 WIB
Diperbarui 14 Jun 2017, 16:00 WIB
Tim Cook Apple
Perbesar
Tim Cook, CEO Apple. Foto: Business Insider

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, CEO Apple Tim Cook mengonfirmasi perusahaan yang ia pimpin saat ini sedang mengembangkan software untuk mendukung mobil otonomos.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Rabu (14/6/2017), dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, ia mengatakan Apple kini sedang berfokus pada pengembangan sistem otonomos.

Alih-alih membuat mobil otonomos sendiri, sistem otonomos yang dikembangkan oleh Apple bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

"Kami melihat ini sebagai induk dari seluruh proyek kecerdasan buatan," kata Cook.

Menurutnya, otonomos merupakan hal menarik bagi Apple. Namun, perusahaan akan melihat lebih lanjut ke mana teknologi ini akan membawa masa depan Apple.

"Kami tidak benar-benar menyebutkan produk yang kami kembangkan, tapi kami memandang ini merupakan inti dari teknologi yang sangat penting," ujar Cook menjelaskan.

Sebenarnya ketertarikan Apple terhadap mobil otonomos merupakan rahasia umum di Silicon Valley. Rumor mengenai upaya perusahaan mengembangkan teknologi otonomos--dengan nama Project Titan yang dimulai sejak 2014--sudah berkembang selama bertahun-tahun.

Terbaru, dokumen mengenai proyek otonomos tersebut menunjukkan keterlibatan Apple dengan teknologi yang banyak digandrungi perusahaan teknologi terkemuka. Bahkan, April lalu, perusahaan dikabarkan melakukan uji coba terhadap mobil otonomos di California AS.

(Tin/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: