Sukses

Waspada, Hacker Incar Korban Lewat Instagram Britney Spears

Kolom komentar Britney Spears ternyata menyisipkan komentar malware. Siapa pelakunya dan apa motifnya?

Liputan6.com, California - Tak hanya aplikasi, malware nyatanya juga mengincar pengguna media sosial. Terbaru, kelompok hacker bernama Turla ‘menyamarkan’ serangannya dengan komentar di akun Instagram penyanyi Britney Spears.

Komentar tersebut diunggah pada salah satu foto Britney Spears. Bahayanya, komentar tidak dicurigai sebagai malware, ia tampil seperti komentar spam pada umumnya. Lembaga keamanan siber asal Rusia ESET, telah menginvestigasi ancaman malware tersebut.


Dilansir Engadget, Jumat (9/6/2017), komentar itu sudah dihapus. Namun, ESET berhasil mengambil screenshot-nya. Komentar ini diunggah pada Februari 2017 oleh akun bernama asmith2155. “#2hot make loved to her, uupss #Hot #X,” begitu isi tulisannya.


Setelah dipelajari ESET, beberapa karakter dan tagar ini ternyata terkoneksi dengan tautan bit.ly yang sudah dipersingkat. Tautan akan mengarahkan pengguna ke sebuah situs.

Situs tersebut, menurut ESET, adalah pusat kontrol malware yang akan memberikan instruksi malware untuk menerima kiriman data yang sudah dicuri.

Turla adalah kelompok hacker yang kabarnya bekerja untuk pemerintah Rusia. Mereka kerap menyerang ranah siber pemerintah asing, militer, institusi pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Demikian yang dilaporkan Business Insider.

ESET menjelaskan, Turla sudah aktif sejak 2014. Tak hanya menyebar via kolom komentar dengan kode khusus, malware racikan Turla nyatanya juga mengancam situs-situs lain yang sering dikunjungi oleh korban.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.