Sukses

Saldo Pengguna Terkuras, Tokopedia Dibobol Hacker?

Tak merasa melakukan transaksi, saldo akun TokoCash pengguna Tokopedia tiba-tiba berkurang. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Tokopedia mengeluhkan ada transaksi tak dikenal di dalam akunnya. Kebanyakan pengguna melaporkan, saldo di akun TokoCash milik mereka digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk berbelanja voucher gim.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (31/5/2017), banyak yang mengklaim saldo di akun TokoCash mereka terkuras untuk membeli voucher gim Steam Wallet. Banyak pengguna berpendapat, sistem Tokopedia dibobol oleh hacker sehingga menguras saldo mereka untuk membeli voucher gim tersebut.

Karena Tokopedia tak punya Customer Service via telepon, sontak pengguna yang kerugian langsung memberedel akun resmi Tokopedia di Twitter, baik itu @tokopedia maupun @tokopediacare.

"@tokopedia hallo..tokocash saya sepertinya dipakai orang lain!! Ada transaksi jam 1 subuh u/ pembelian voucher game!! Mhn bantuannya," tulis pemilik akun @GUR3N di Twiiter. 

Seorang pengguna Tokopedia lain bernama Thomas, juga mengeluhkan hal serupa. Kepada Tekno Liputan6.com, Thomas mengatakan ia tidak melakukan transaksi apa pun. Lantas, ia malah mendapatkan notifikasi transaksi pembelian voucher gim berhasil.

“Ada yg punya no call center tokopedia? Akun saya baru saja dibobol dan saldo toped-nya dipakai buat beli voucher gim. Padahal saya tidak melakukan transaksi apapun,” kata Thomas.

Belum diketahui penyebab dari terkurasnya saldo TokoCash pengguna. Hingga berita ini naik, pihak Tokopedia belum memberikan tanggapan terkait kasus ini.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.