Sukses

Ini Alasan Smartphone Kamera Ganda Lebih Menarik

Tren penggunaan lensa ganda, baik untuk kamera utama atau kamera depan, memang tengah digandrungi sejumlah perusahaan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Tren penggunaan lensa ganda, baik untuk kamera utama atau kamera depan, memang tengah digandrungi sejumlah produsen smartphone. Salah satunya dilakukan oleh Coolpad dengan memperkenalkan seri Cool Dual beberapa waktu lalu.

Lantas apa alasan Coolpad merilis smartphone dengan kamera ganda? Ditemui saat acara Community Gathering Coolpad di Jakarta, Selasa (30/5/2017), Country Manager Coolpad Indonesia, Kim Chen menuturkan, sebenarnya teknologi dual camera bukanlah hal baru.

"Penggunaan kamera berlensa ganda sebenarnya bukan barang baru, tapi kembali mencuat tak lama setelah digunakan pada iPhone. Kami sebenarnya menjadi salah satu perusahaan pionir yang mengembangkannya," ujarnya.

Kehadiran lensa ganda pada ponsel pintar, menurut Kim, dapat mendorong kemampuan fotografi dari sebuah perangkat. Ia mengatakan, kemampuan dari dua lensa ganda membuat gambar yang dihasilkan dapat bersaing dengan DSLR.

"Kemampuan pengambilan gambar dari smartphone berlensa ganda jauh lebih baik dari satu lensa. Seperti yang biasa dikatakan orang, dua lebih baik daripada satu," tuturnya.

Lantas, ponsel pintar seperti apa yang mampu menghadirkan kualitas tangkapan gambar terbaik dengan dua lensa? Menjawab hal tersebut, Kim menuturkan saat ini setidaknya ada empat tipe lensa ganda pada smartphone.

Tipe pertama adalah lensa ganda yang memiliki fungsi berbeda, satu lensa telephoto dan lensa lain untuk kebutuhan wide. Model ini dapat dilihat pada iPhone 7 Plus.

Sementara model kedua memiliki lensa ganda dengan kebutuhan menangkap gambar warna dan monokrom. Jenis ini diadopsi oleh Huawei P9 dan Coolpad Cool Dual.

Model ketiga merupakan dua kamera yang dapat menangkap warna. Jenis ini terbilang jarang dan masih dalam pengembangan, tapi diperkirakan akan jadi tren di masa depan. Terakhir, lensa ganda dengan fungsi Auto Focus dan Fixed Focus.

Kim Chen, Country Manager Coolpad Indonesia . Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

"Untuk memilih smartphone dengan lensa ganda terbaik, sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Apabila butuh gambar yang detail, pilih lensa ganda dengan kemampuan warna dan monokrom. Jika butuh untuk jarak jauh, manfaatkan smartphone dengan lensa telephoto," ujarnya.

Sebagai informasi, Coolpad sendiri baru saja meluncurkan smartphone dengan lensa ganda, yaitu Cool Dual. Teknologi kamera ganda pada ponsel pintar ini diklaim mampu meningkatkan kejelasan gambar sebesar 20 persen, membantu mengurangi noise hingga 8 persen, dan meningkatkan kecerahan sampai 20 persen.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.